Ada yang Anda alami? Ini 5 penyebab sakit kepala

Senin, 22 Maret 2021 | 18:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ada yang Anda alami? Ini 5 penyebab sakit kepala


KESEHATAN - Ada berbagai macam penyebab sakit kepala yang bisa Anda alami. Tak hanya berpengaruh pada kondisi kesehatan secara keseluruhan, sakit kepala bisa mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan.

Tapi, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Cara pertama adalah dengan mengonsumsi obat yang dijual di pasaran. Namun, mengonsumsi obat sakit kepala dalam jangka waktu lama dapat memunculkan efek samping.

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda. Cuma, cara-cara tersebut tak mengatasi sakit kepala secara keseluruhan.

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengatasi penyebabnya. Mengutip dari laman Tylenol, ada berbagai macam faktor yang memicu sakit kepala, baik yang Anda sadari atau tidak Anda sadari.

Gangguan kecemasan

Penyebab sakit kepala pertama yang tidak disadari oleh banyak orang adalah gangguan kecemasan. Merasa cemas adalah hal yang biasa terjadi. Namun, saat kecemasan yang Anda rasakan tidak terkontrol, hal itu bisa menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga: 5 makanan yang mengandung zat besi, lezat dan mudah didapat

Kebisingan

Tylenol menyebutkan, kebisingan yang Anda dengarkan bisa memicu kemunculan sakit kepala. Jika Anda mendengarkan lagu dengan ritme dan suara yang keras, cobalah untuk memelankan volumenya supaya sakit kepala berkurang.

Jenis obat tertentu

Jika Anda mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi obat, bisa jadi obat itulah yang jadi pemicunya.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping obat yang Anda minum. Dengan begitu, dokter menjadi tahu dan bisa menyarankan obat lain yang bisa Anda konsumsi.

Baca Juga: 8 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Aktivitas fisik terlalu berat

Melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat bisa jadi salah satu penyebab sakit kepala.

Sadarkah Anda, aktivitas fisik yang terlalu berat, seperti gym, dapat menyebabkan sakit kepala?

Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di kepala, kulit kepala, dan leher. Hal itulah yang menyebabkan sakit kepala Anda rasakan.

Terlalu sedikit melakukan aktivitas fisik

Tapi. sakit kepala juga bisa disebabkan karena Anda terlalu sedikit melakukan aktivitas fisik. Mulailah melakukan olahraga secara rutin dengan intensitas yang rendah.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang jenis olahraga apa yang tepat untuk Anda coba.

Selanjutnya: Waspada! Ini 4 gejala awal stroke yang biasa terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru