Apa beda air purifier dengan air humidifier? Simak di sinicari

Minggu, 25 Juli 2021 | 13:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Apa beda air purifier dengan air humidifier? Simak di sinicari

KONTAN.CO.ID - Air purifier dan air humidifier sering dikira sebagai produk yang sama. Padahal, keduanya adalah produk berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Sebenarnya, tidak heran air purifier dan air humidifier disangka sama, karena namanya yang mirip dan fungsinya yang berhubungan dengan kualitas udara di lingkungan.

Apa saja bedanya? Dirangkum dari Molekule dan homeairguides.com, berikut perbedaan antara air purifier dan air humidifier.

Baca Juga: 5 Manfaat cuka apel ini berguna untuk kesehatan tubuh

Air Purifier

Air purifier berfungsi untuk membersihkan udara dari partikel-partikel yang merugikan, misalnya debu, alergen, dan bakteri.

Alat yang satu ini bekerja dengan cara memerangkap partikel-partikel tersebut dengan filter yang terdapat di dalam air purifier.

Cara kerjanya, air purifier menyedot udara di sekitarnya ke dalam mesin dan mengalirkannya melalui filter atau penyaring yang terpasang di dalam. Salah satu jenis filter yang populer digunakan adalah filter HEPA yang terbuat dari plastik dan fiberglass yang dijalin rapat sehingga bisa menyaring partikel-partikel kecil di udara.

Setelah partikel seperti debu, alergen, dan bakteri tersaring dalam filter, udara yang bersih kemudian akan dilepaskan oleh air purifier ke dalam ruangan.

Karena berfungsi untuk membersihkan udara dari partikel merugikan, air purifier cocok digunakan bagi mereka yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma dan alergi terhadap debu.

Nah, air purifier inilah yang saat ini tengah populer karena bisa membantu memurnikan udara dan menjaga kesehatan di masa pandemi.

Baca Juga: 5 Pilihan obat herbal sakit gigi yang bisa Anda coba

Air Humidifier

Berbeda dengan air purifier, air humidifier berfungsi untuk mengembalikan atau menambah kelembapan di ruangan dengan udara kering.

Air humidifier bekerja dengan cara melepaskan uap air dari tangki yang ada di dalam mesin ke ruangan, sehingga akan menambah kelembapan udara.

Karena air humidifier melepaskan uap air ke udara, maka tangki di dalam mesin harus sering-sering diisi air supaya alatnya bisa berfungsi dengan baik.

Air humidifier cocok digunakan di tempat dengan udara kering. Selain itu, alat ini juga bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit yang kering dan membantu mereka yang mengalami masalah pernapasan karena udara kering.

Namun, pemakaian air humidifier juga harus diperhatikan. Kondisi udara yang terlalu lembap justru bisa memicu pertumbuhan jamur di dalam ruangan.

Moms, itu tadi perbedaan antara keduanya. Kesimpulannya, air purifier berfungsi untuk membersihkan udara dari partikel buruk, sedangkan air humidifier berfungsi untuk mengembalikan kelembapan udara.

Bagaimana, sudah mengerti kan sekarang? Kira-kira, mana nih yang sekarang paling dibutuhkan moms?

Selanjutnya: Sedang Mencari Vacuum Cleaner? Coba 3 Merek Ini

Editor: Kania Paramahita
Terbaru