Apa itu ChatGPT? Ini Penjelasan dan Cara Membuat Pertanyaan di ChatGPT

Senin, 05 Desember 2022 | 13:22 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apa itu ChatGPT? Ini Penjelasan dan Cara Membuat Pertanyaan di ChatGPT

ILUSTRASI. Apa itu ChatGPT? Ini Penjelasan dan Cara Membuat Pertanyaan di ChatGPT


KONTAN.CO.ID - Apa itu ChatGPT? Begini penjelasannya dan cara membuat pernyataan di ChatGPT. ChatGPT sendiri merupakan layanan bot di mana pengguna dapat berinteraksi dalam format dialog dan dapat memberikan yang sesuai dan tidak jarang pula memberikan solusinya.

Dilansir dari Mashable, belum lama ini ChatGPT, sebuah aplikasi baru yang dirilis dari OpenAI memberikan jawaban yang luar biasa kepada pengguna ketika memberikan pertanyaan tertentu. Kabar baiknya, ChatGPT ini sedang memasuki tahap Free Research Preview, di mana pengguna dapat menjajal aplikasi ini secara gratis.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ChatGPT menghadirkan format dialog di mana pengguna dapat memberikan pertanyaan lebih lanjut, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah dan menolak permintaan yang tidak pantas. Begitu penjelasan tentang ChatGPT pada website resmi OpenAI.

Kita tahu bahwa dewasa ini perkembangan teknologi cukup masif, di mana kecerdasan buatan atau artificial intelligence dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia. 

OpenAI

Baca Juga: HoYoverse Bagi-Bagi 800 Primogem Genshin Impact! Caranya Mudah Cukup Login

Begitu pula dengan ChatGPT ini, dalam pengujian yang saat ini bisa diakses oleh pengguna secara gratis, Anda dapat mencoba melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin masih Anda pikirkan dan belum menemukan jawabannya.

Tetapi perlu diingat, ChatGPT juga memiliki batasan-batasan tertentu. Dan ini juga perlu pengguna ketahui dengan cermat bahwa ChatGPT mungkin saja dapat menjawab pertanyaan dengan informasi yang salah, memuat yang berbahaya atau konten yang bias dan pengetahuan yang terbatas tentang dunia dan peristiwa setelah tahun 2021.

Selain batasan itu, ChatGPT juga memiliki kemampuan seperti masih mengingat pertanyaan yang diberikan sebelumnya dalam percakapan, memungkinkan pengguna untuk memberikan koreksi dan tindakan lebih lanjut dan terlatih untuk menolak atau memberikan jawaban yang tidak pantas.

Anda mau mencoba ChatGPT? Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pertanyaan di ChatGPT yang saat ini masih dalam tahap Free Frsearch Preview sehingga dapat diakses secara gratis.

Baca Juga: Tentang FacePlay, Dari Cara Download hingga Menggunakan Aplikasi ini Tanpa Bayar

Cara menggunakan dan membuat pertanyaan ChatGPT:

  1. Link ChatGPT OpenAI dapat diakses melalui URL berikut ini: chat.openai.com.
  2. Anda dapat mengetuk Log in atau Sign up. Jika belum memiliki akun, silahkan mendaftarkan dengan klik tombol Sign up lalu pilih Create an OpenAI account.
  3. Silahkan masukkan email atau bisa juga menggunakan akun Google (Gmail) dan Microsoft Account.
  4. Ikuti petunjuk yang ada sampai nantinya Anda diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP.
  5. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, silahkan pilih Personal Use apabila muncul beberapa opsi yang menampilkan interesting atau ketertarikan pengguna.
  6. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan ChatGPT dan melemparkan pertanyaan yang Anda inginkan.

Jangan khawatir, meskipun ChatGPT ini menampilkan menu dalam Bahasa Inggris, kecerdasan buatan ini juga dapat menjawab pertanyaan dalam Bahasa Indonesia.

Silahkan Anda coba memberikan pertanyaan dalam Bahasa Indonesia, nantinya Anda juga bakal medapatkan jawaban oleh ChatGPT ini dalam format bahasa yang sama.

Semakin spesifik pertanyaan yang Anda tuliskan dalam kolom chat di ChatGPT, maka jawaban yang diberikan semakin baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru