Apa Itu HAKI yang Ramai Dibicarakan Terkait Citayam Fashion Week?

Senin, 25 Juli 2022 | 11:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu HAKI yang Ramai Dibicarakan Terkait Citayam Fashion Week?

ILUSTRASI. HAKI Citayam Fashion Week. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - HAKI adalah singkatan dari Hak atas Kekayaan Intelektual. HAKI adalah hak yang didapatkan seseorang atau badan hukum yang menghasilkan inovasi dalam berkreasi. 

HAKI ramai dibicarakan terkait dengan pendaftaran nama Citayam Fashion Week oleh Baim Wong dan Indigo Aditya Nugroho. Hal ini pun menjadi kontroversi publik. 

Nah, perlu diketahui bahwa HAKI dilindungi oleh undang-undang. Setiap orang yang menggandakan atau menggunakan tanpa seizin pemiliknya akan dikenakan sanksi.

Dirangkum dari laman Kementerian Perdagangan (Kemendag), HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbagi menjadi dua kategori, yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri. 

Hak cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Penjelasan Resmi Kemenkumham Terkait Rebutan Merek CFW Antara Baim Wong & Aditya N

Sedangkan hak kekayaan industri terdiri dari hak:

  • Paten
  • Merek
  • Desain industri
  • Desain tata letak sirkuit terpadu
  • Rahasia dagang
  • Varietas tanaman

Baca Juga: Jokowi Ikut Komentari Fenomena Citayam Fashion Week, Apa Katanya?

Citayam Fashion Week didaftarkan Baim Wong dan Indigo Aditya Nugroho

HAKI CITAYAM FASHION WEEK

Perusahaan Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven, PT. Tiger Wong Entertainment, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week sebagai hak kekayaan intelektual atau HAKI pada 20 Juli 2022.

Dilihat dari laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Citayam Fashion Week didaftarkan sebagai hak hiburan berupa peragaan busana, podcast, berita, video, pameran kebudayaan, program televisi, dan publikasi majalah dalam bidang fashion atau mode.

Pendaftaran merek tersebut masih berstatus dalam proses dengan nomor permohonan JID2022052181.

Upaya Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week tersebut menuai kecaman dari berbagai pihak.

Sebab, CFW bermula dari anak-anak remaja yang melakukan fashion show dengan gaya yang khas di kawasan Dukuh Atas, Sudirman. Sehingga, Citayam Fashion Week bukan digagas oleh Baim Wong.

Selain itu, ada pihak lain yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di laman PDKI. Dalam laman tersebut tertulis bahwa Citayam Fashion Week juga didaftarkan oleh pengusaha asal Bogor yakni Indigo Aditya Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru