Apa Itu Hari Kenaikan Isa Almasih? Ini Bedanya dengan Hari Paskah

Rabu, 08 Mei 2024 | 09:09 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Hari Kenaikan Isa Almasih? Ini Bedanya dengan Hari Paskah

ILUSTRASI. Apa Itu Hari Kenaikan Isa Almasih?


AGAMA DAN KEPERCAYAAN - Kenaikan Isa Almasih adalah peristiwa saat Yesus Kristus terangkat naik ke langit. Peristiwa kenaikan Yesus Kristus ini terjadi 40 hari setelah Hari Raya Paskah. 

Sehingga, sejarah kenaikan Isa Almasih berkaitan dengan hari Paskah. Dikutip dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, Hari Kenaikan Isa Almasih adalah hari libur nasional yang jatuh pada Kamis, 9 Mei 2024 nanti. 

Namun, mulai tahun ini hari libur nasional Hari Kenaikan Isa Almasih berganti nama menjadi Kenaikan Yesus Kristus karena permintaan dari umat Kristen dan Katolik di Indonesia. 

Biasanya pada momen ini, umat Kristiani melakukan ibadah di gereja dan berkumpul bersama keluarga. Momen ini juga bisa dirayakan dengan mengingat sejarah kenaikan Yesus Kristus dan kasih-Nya kepada umat manusia. 

Lantas, seperti apa arti kenaikan Yesus Kristus dan bedanya dengan Paskah? 

Baca Juga: Tanggal 9 dan 10 Mei 2024 Tanggal Merah Apa? Simak Penjelasannya

Apa arti Kenaikan Yesus Kristus? 

Apa Itu Hari Kenaikan Isa Almasih?

Kenaikan Isa Almasih adalah peristiwa kenaikan Yesus Kristus ke surga pada hari ke-40 setelah kebangkitannya pada hari Paskah. 

Dirangkum dari laman Britannica, pada peristiwa kenaikan Isa Almasih, Yesus diangkat ke langit disaksikan oleh murid-muridnya. Kemudian hilang dari pandangan mereka karena tertutup awan. 

Peristiwa kenaikan Isa Almasih ini tercatat dalam Perjanjian Baru di Alkitab. Perayaan kenaikan Isa Almasih dalam iman Kristen sejajar dengan Natal, Paskah, dan Pentakosta. 

Peringatan kenaikan Isa Almasih bahkan telah dilakukan oleh Kristen di Timur maupun Barat, sejak abad ke-4. Sebelumnya, Kenaikan Yesus Kristus diperingati sebagai bagian dari perayaan turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta.

Baca Juga: 20 Ucapan Hari Kenaikan Yesus Kristus 9 Mei 2024 Penuh Doa dan Makna, Yuk Ramaikan!

Apa bedanya Kenaikan Isa Almasih dengan Paskah? 

Kenaikan Isa Almasih adalah kenaikan Yesus Kristus ke surga 40 hari setelah Paskah. 

Sementara Paskah adalah untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian-Nya di hari ketiga setelah disalib. 

Pada hari Paskah dirayakan untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian dan dosa. 

Baca Juga: 35 Twibbon Hari Kenaikan Isa Almasih 9 Mei 2024, Yuk Ramaikan di Sosmed!

Makna kenaikan Yesus Kristus

Makna Kenaikan Yesus Kristus bagi umat Kristiani berasal dari keyakinan mereka akan pemuliaan Yesus setelah kematian dan kebangkitannya. Serta maknanya kembalinya Yesus Kristus kepada Allah Bapa.

Jadi, Injil menurut Yohanes menggunakan perkataan Yesus dan penampakannya setelah Kebangkitan untuk menunjukkan hubungan baru antara Yesus dan Bapanya. 

Serta antara dia dan para pengikutnya. Yesus menunjukkan diri-Nya kepada para murid dengan banyak tanda untuk membuktikan bahwa Ia hidup. Yesus berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada para murid-muridNya tentang Kerajaan Allah.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Kenaikan Isa Almasih dan bedanya dengan Paskah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru