ASI sedikit? Yuk perbanyak ASI dengan 7 cara alami ini

Minggu, 17 Januari 2021 | 07:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
ASI sedikit? Yuk perbanyak ASI dengan 7 cara alami ini

KONTAN.CO.ID -  Saat ASI untuk buah hati sedikit, pasti ibu-ibu sedih dan stres. Jumlah ASI yang tidak seperti biasanya tentu membuat bayi kekurangan asupan makanan. 

Banyak ibu, terutama ibu muda, mungkin belum tahu cara memperbanyak ASI secara alami.  Saking stresnya, banyak ibu yang memilih untuk meminum suplemen penambah ASI. 

Ada juga yang menyerah dan beralih ke susu formula. Padahal, kandungan ASI banyak yang tidak bisa digantikan oleh susu formula.

Tapi, ada beberapa cara memperbanyak ASI secara alami. Cara tersebut cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga: Meski pandemi, tetap beri ASI eksklusif dengan menerapkan panduan menyusui ini

Berikut cara memperbanyak ASI yang alami, yang dirangkum dari Parenthood dan Motherly:

  • Terus memberikan ASI

Memberikan ASI secara terus-menerus bisa merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Bayi yang baru lahir biasanya akan menyusu tiap 2-3 jam.

Sehingga, tiap hari Anda akan menyusui 8 hingga 12 kali. Frekuensi ini akan membuat otak Anda terbiasa sehingga produksi ASI bisa selalu konsisten.

Berikan ASI hingga bayi kenyang. Habiskan ASI pada satu payudara sebelum pindah ke payudara yang satunya.  

  • Perbanyak minum air putih

Agar ASI tetap melimpah, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting. Cara memperbanyak ASI ini cukup efektif. 

Anda perlu setidaknya minum 8 gelas air per hari agar cairan tubuh tetap terjaga. Jumlah ini tidak selalu sama setiap orang, jadi sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Tips mencegah stunting pada anak sejak dini

  • Memompa ASI

Memompa ASI merupakan salah satu cara memperbanyak ASI secara alami. Aktivitas ini bisa merangsang payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. 

Memompa juga dapat mengeluarkan sisa ASI yang tidak habis diminum oleh bayi. Sehingga, payudara bisa segera memproduksi ASI yang baru.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru