O

Begini cara mengaktifkan fitur hemat daya Google Meet di Android, irit memori & kuota

Rabu, 12 Mei 2021 | 13:06 WIB   Penulis: Arif Budianto
Begini cara mengaktifkan fitur hemat daya Google Meet di Android, irit memori & kuota

ILUSTRASI. Begini cara mengaktifkan fitur hemat daya Google Meet di Android, irit memori & kuota


KONTAN.CO.ID - Belum lama ini Google Meet telah mendapatkan update terbaru yang bisas menghemat penggunaan data dan memori HP. Tersedia untuk Android dan iOS, begini cara mengaktifkan fitur hemat data di Google Meet.

Sempat diumumkan bulan lalu, akhirnya fitur penghemat data di Google Meet rilis juga bulan ini. Sudah tersedia di aplikasi Google Meet, Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut supaya bisa menghemat penggunaan data.

Mengutip dari 9to5Google.com, Google Meet versi 2021.04.18 versi Android menambahkan fitur bernama "Limit data usage", sebuah opsi yang bisad ditemukan di pengaturan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghemat penggunaan data internet ketika melakukan panggilan video. Meskipun demikian, user masih bisa mendapatkan pengalaman terbaik ketika melakukan panggilan video atau meeting online meskipun mengaktifkan fitur penghemat data.

ILUSTRASI: Google Meet

Selain menghemat penggunaan data internet, fitur ini juga mengurangi penggunaan beban CPU dan memori di HP Anda. Berikut benefit yang didapatkan ketika mengaktifkan fitur "Limit data usage" atau penghemat data:

  • Meminimalisir penggunaan paket data
  • Irit baterai
  • Meminimalisir beban CPU dan memori HP

Cara mengaktifkan fitur penghemat data Google Meet di HP Android

Cara mengaktifkan fitur tersebut juga cukup mudah. Anda tinggal masuk ke pengaturan. Terdapat opsi "Batasi penggunaan data" yang bisa Anda aktifkan atau nonaktifkan.

Langsung saja aktifkan supaya fitur penghemat data bisa berfungsi dengan baik di HP Anda. 

Tampilan menu pengaturan di Google Meet untuk mengaktifkan fitur penghemat data

Mudah bukan? Dengan mengaktifkan fitur tersebut, artinya Anda bisa menghemat penggunaan paket data maupun memori di HP Android. 

Apabila ingin mendapatkan kualitas video yang lebih baik lagi, Anda bisa menonaktifkan fitur tersebut.

Menurut 9to5Google.com, fitur penghemat data di Google Meet untuk Android dan iOS ini mulai tersedia hari ini dan tersedia untuk user lebih banyak lagi dalam beberapa minggu ke depan.

Jadi apabila fitur tersebut belum muncul di Google Meet Anda, kemungkinan bakal tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

Adapun fitur ini tersedia untuk pengguna Google Workspace, seperti Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Frontline, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, Education Plus, Nonprofits, Cloud Identify Free, Cloud Indentity Premium. 

Tersedia juga untuk seluruh kustomer Google Workspace, termasuk G Suite Basic dan kustomer Business.

Selanjutnya: Jika tidak setuju kebijakan baru, fungsionalitas WhatsApp terbatas setelah 15 Mei

Editor: Arif Budianto
Terbaru