CLOSE [X]

Bisa Anda alami, kenali 5 penyebab nyeri perut sebelah kiri ini

Senin, 04 Oktober 2021 | 18:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda alami, kenali 5 penyebab nyeri perut sebelah kiri ini


KONTAN.CO.ID - Setiap orang bisa mengalami nyeri perut sebelah kiri. Meski penyebab nyeri perut sebelah kiri bisa faktor-faktor yang tak terlalu serius, kondisi itu juga bisa menandakan penyakit tertentu.

Jika Anda mengalaminya, jangan ragu untuk periksa ke dokter, ya. Apalagi, jika nyeri terasa sangat intens dan muncul secara tiba-tiba serta tidak hilang dalam waktu dua hari.

Gejala lain yang perlu Anda waspadai adalah demam tinggi, buang air besar berdarah, muntah, muncul penyakit kuning, dan berat badan turun secara drastis.

Nah, beriku ini penjelasan mengenai beberapa faktor yang mengakibatkan munculnya sakit perut di sebelah kanan. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda menjadi lebih mudah untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

Penumpukan gas

Tuasaude menyebutkan, jumlah gas dalam perut yang terlalu banyak dapat menimbulkan nyeri perut sebelah kiri. Penybabnya, feses mengendap terlalu lama di saluran pencernaan. Akibatnya, bakteri memproduksi lebih banyak gas.

Mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda, atau berbicara saat makan juga bisa menambah jumlah gas dalam perut. Untuk mengatasinya, Anda bisa memijat perut secara perlahan supaya gas bisa keluar.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi kram perut saat haid yang gampang dicoba

Batu ginjal

Batu ginjal jadi faktor lain yang dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu, batu ginjal juga ditandai dengan muncul rasa sakit saat buang air kecil, urin yang keluar bercampur darah, demam, sakit pinggang, dan kesulitan untuk berbaring.

Kista ovarium

Nyeri perut sebelah kiri dapat disebabkan oleh kista ovarium.

Mengutip dari Tuasaude, kista ovarium bisa jadi penyebab nyeri perut yang dialami wanita. Gejala kista ovarium lain yang mungkin Anda alami adalah siklus menstruasi tak teratur, mual, muntah, perut kembung, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Gejala HIV bisa diatasi dengan cara-cara ini, lo

Kehamilan ektopik

Penyebab nyeri perut sebelah kiri berikutnya adalah kehamilan ektopik. Kondisi itu bisa terjadi di 10 minggu pertama kehamilan. Rasa sakit yang Anda alami akan terasa seiring pertumbuhan dan perkembangan janin dalam tuba falopi.

Selain menimbulkan sakit perut, ada beberapa gejala kehamilan ektopik lainnya yang bisa terjadi. Mulai dari pendarahan, bagian vagina terasa sakit, perut kembung, hingga rasa sakit saat Anda berhubungan seksual.

Nyeri haid

Nyeri perut sebelah kiri bisa terjadi karena nyeri haid.

Bukan lagi jadi rahasia apabila nyeri haid terasa di sekitar perut. Biasanya, nyeri haid mulai Anda rasakan dua hingga tiga hari sebelum siklus menstruasi dimulai dan terus berlangsung saat menstruasi berlangsung selama lima hari.

Selanjutnya: Anda perlu mewaspadai 4 faktor penyebab kencing berbusa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru