Cara Mengatasi Laptop Hang dengan 6 Metode, Cek Penyebab Perangkat Freeze

Kamis, 06 Juni 2024 | 12:13 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Mengatasi Laptop Hang dengan 6 Metode, Cek Penyebab Perangkat Freeze

ILUSTRASI. Laptop boros


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak cara mengatasi laptop hang dengan shortcut keyboard. Laptop merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk sarana bekerja, belajar, hingga hiburan.

Setiap laptop memiliki usia hingga batasan kinerja yang bergantung pada performa dari kombinasi software dan hardware. Beberapa kondisi mengakibatkan laptop hang memungkinkan performa RAM menjadi lambat.

Laptop hang merupakan kondisi dimana laptop tidak merespons atau tidak berfungsi normal, sehingga tidak dapat digunakan dengan baik.

Ada beberapa penyebab yang dapat merusak dan memberhentikan sistem tersebut

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Windows Tidak Berfungsi dan Penyebabnya

Penyebab Laptop Hang

Laptop

Salah satu alasan umum mengapa laptop mengalami hang adalah karena terlalu panas. Laptop Anda seharusnya memiliki kipas internal yang menjaga kondisi tetap dingin saat beroperasi, dan jika kipas ini kotor atau tidak berfungsi dengan baik, laptop Anda bisa mengalami overheating. GPU, atau prosesor grafis, juga bisa mengalami overheating.

Untuk menentukan apakah laptop Anda terlalu panas, rasakan bagian bawah laptop atau bagian belakang tower PC dan lihat apakah terasa panas ketika laptop mulai freeze.

Apabila memang terasa panas saat disentuh, Anda sebaiknya mematikan laptop dan membersihkannya secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan udara kaleng untuk menyemprot debu, terutama di sekitar kipas.

Saat Anda sudah melakukan ini dan laptop masih mengalami overheating, mungkin ada masalah dengan prosesor atau kipas itu sendiri. Salah satu mengatasi kondisi tersebut bisa dilakukan dengan cara mengatasi laptop hang dengan fitur pada Keyboard.

Baca Juga: 7 Komponen Penting Komputer beserta Fungsi Setiap Bagiannya

Ketika laptop hang, tampilan layar biasanya membeku dan tidak ada respon terhadap input apapun dari pengguna, sehingga perlu di-restart atau di-reboot agar dapat kembali berfungsi normal.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti beban kerja yang berlebihan, kelebihan panas, virus atau malware, atau masalah dengan sistem operasi atau driver yang tidak kompatibel.

Ada beberapa shortcut yang memudahkan untuk mengatasi laptop hang. Namun, pastikan beberapa langkah berikut ini bisa diterapkan dengan baik sesuai kondisi laptop.

Panduan Mengatasi Laptop Hang atau Freeze

Periksa daftar beberapa cara mengatasi laptop hang dengan keyboard serta bantuan lain, dilansir dari Safe Mode.

1. Pintasan CTRL + ALT + DEL

Pertama, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del sebagai salah satu cara untuk mengatasi laptop yang hang. Kombinasi ini akan membuka Task Manager dan memungkinkan pengguna untuk menutup aplikasi yang menyebabkan laptop menjadi hang.

2. Pintasan Windows + U

Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Windows dan U. Pengguna mungkin perlu beberapa kali mencoba pintasan ini. Cukup tekan tombol Windows + U + U hingga laptop otomatis mati.

3. Pintasan ALT + F4

Selanjutnya, pengguna bisa mengatasi laptop yang hang dengan menggunakan tombol ALT dan F4. Tekan kombinasi ALT + F4 hingga muncul beberapa pilihan. Pilih menu shutdown agar laptop masuk ke mode nonaktif.

4. Tahan tombol power

Bagi pengguna yang mendapati laptop hang dan tidak dapat menggunakan tombol power, bisa mengikuti langkah berikut. Tekan tombol power selama beberapa detik hingga layar menghitam.

Namun, metode hard reset ini cukup berisiko karena dapat mempengaruhi performa hardware laptop. Sebaiknya, jangan terlalu sering menggunakan metode ini jika laptop hang kembali terjadi.

5. Upgrade RAM

Bagi pengguna yang menjalankan aplikasi berat, kondisi RAM bisa menjadi salah satu faktor penyebab laptop hang. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa meningkatkan kapasitas RAM. Konsultasikan dengan toko aksesoris untuk mengetahui jenis RAM yang cocok untuk laptop Anda.

6. Bersihkan saluran kipas

Terakhir, pengguna juga bisa memperhatikan kebersihan perangkat. Saluran kipas yang kotor dapat menyebabkan sirkulasi udara buruk, yang bisa memicu panas berlebih dan membuat laptop hang. Bersihkan saluran kipas secara berkala untuk mencegah laptop hang di masa mendatang.

Itulah penjelasan terkait panduan dan cara mengatasi laptop hang dengan shortcut keyboard mudah untuk diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru