Cegah anemia, ini 5 makanan yang mengandung zat besi

Selasa, 10 Agustus 2021 | 08:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah anemia, ini 5 makanan yang mengandung zat besi

ILUSTRASI. Bayam termasuk salah satu makanan yang mengandung zat besi.


KESEHATAN - JAKARTA. Saat kekurangan zat besi, Anda berisiko mengalami anemia. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan makanan yang mengandung zat besi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan dalam artikel ini secara rutin supaya kesehatan tubuh terjaga.

Zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam sel darah merah. Saat kondisi sel darah merah terjaga, oksigen dalam tubuh dapat terdistribusi dengan optimal. Saat fungsi itu tak berjalan dengan benar, ada beberapa gejala anemia yang dapat Anda alami.

Mulai dari mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, kulit berwarna pucat, hingga pingsan. Selain mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini, jangan lupa untuk mengkonsultasikan kondisi itu ke dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa tetap terpantau.

Tiram

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), Anda bisa mendapat 3.32 mg zat besi dari lima tiram mentah. Tidak hanya itu, masih banyak nutrisi penting yang bisa Anda dapat dari tiram. Mulai dari zinc, vitamin B12, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Catat! Ini makanan dan minuman yang buruk untuk kesehatan tulang

Bayam

Bayam jadi salah satu pilihan makanan yang mengandung zat besi. Dalam satu gelas bayam, Anda bisa mendapat 3.72 mg zat besi, protein, kalsium, vitamin A, serat, dan vitamin E. Tidak hanya mencegah anemia, rutin makan bayam juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Protein Hewani

Beberapa jenis protein hewani dapat Anda manfaatkan sebagai sumber zat besi, lo. Misalnya, dua telur berukuran besar mengandung 1.68 mg zat besi, 3 ons daging kalkun mengandung 1.23 mg zat besi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah beragam makanan penambah darah untuk obati anemia

Sereal

Sereal bisa jadi salah satu pilihan makanan yang mengandung zat besi.

Sereal juga bisa Anda jadikan sumber makanan yang mengandung zat besi. Bacalah kandungan zat besi di label yang tertera. Saat Anda ingin mengonsumsinya, usahakan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya. Serat dalam sereal juga bisa mencegah sembelit. Jadi, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi sereal.

Edamame

Everyday Health merekomendasikan edamame, salah satu jenis kacang-kacangan, sebagai sumber zat besi. Anda bisa mendapat sekitar 9 mg zat besi dari satu gelas edamame mentah. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam edamame. Mulai dari mangan, serat, dan lain-lain.

Selanjutnya: Untuk obati anemia, berikut beragam makanan penambah darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru