Covid tongue, gejala baru Covid-19 mirip sariawan, kenali perbedaannya

Sabtu, 30 Januari 2021 | 17:20 WIB Sumber: Kompas.com
Covid tongue, gejala baru Covid-19 mirip sariawan, kenali perbedaannya


COVID-19 - Jakarta. Sejalan dengan penambahan kasus positif virus corona, peneliti menemukan gejala baru Covid-19. Kini gejala baru Covid-19 menyerupai sariawan. Apa beda sariawan dengan gejala Covid-19 terbaru?

Peneliti menemukan adanya gejala baru dari infeksi Covid-19, yaitu covid tongue. Sebelumnya, gejala infeksi virus corona berdasarkan temuan peneliti hanyalah batuk persisten, pilek, dan kesulitan bernapas.

Seiring berjalannya waktu, berbagai gejala terinfeksi virus corona baru pun bermunculan, mulai dari ruam pada kulit, anosmia, dan kini 'covid tongue'.

Apa itu covid tongue? Gejala corona covid tongue pada pasien positif Covid-19 ini pertama kali ditemukan oleh Tim Spector, ahli epidemiologi dari King's College London.

Gejala terinfeksi virus corona Covid tongue ditemukan oleh Spector pada pasien Covid-19 yang mengaku merasa tak nyaman dengan lidah mereka. Setelah diteliti, terdapat bercak-bercak atau luka seperti sariawan pada lidah pasien, yang terkadang bisa terasa sakit.

Baca juga: Ada lebih sejuta kasus corona di Indonesia, RI peringkat bawah penanganan Covid-19

Meski bisa menandakan Covid-19, namun ada banyak hal yang juga berpotensi memicu munculnya bercak-bercak di lidah. Kondisi semacam ini juga bisa dialami oleh penderita sariawan biasa, herpes, atau lidah geografik. Jadi, hanya karena muncul bercak-bercak atau luka mirip sariawan di lidah bukan berarti Anda positif Covid-19.

Jika mengalami sakit atau muncul bercak-bercak pada lidah, lembaga nasional kesehatan Inggris (NHS) menyarankan kita untuk melakukan tips berikut:

  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikat gigi sikat lidah
  • Gunakan pengikis untuk membantu menghilangkan bercak pada lidah
  • Gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman dingin konsumsi paracetamol atau ibuprofen

Gejala terinfeksi virus corona berupa Covid tongue juga bisa menyebabkan infeksi serius di mulut. Namun, sebenarnya gejala ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu.

Akan tetapi, jika Anda mengalami covid tongue bersama dengan gejala lain dari Covid-19, segera periksakan diri ke dokter. Anda juga perlu melakukan isolasi mandiri dan melakukan tindakan pencegahan sampai benar-benar dipastikan bahwa Anda tidak terinfeksi Covid-19.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru