Deretan uang rupiah khusus edisi Kemerdekaan RI, ada pecahan Rp 850.000

Senin, 17 Agustus 2020 | 11:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Deretan uang rupiah khusus edisi Kemerdekaan RI, ada pecahan Rp 850.000

ILUSTRASI. Uang pecahan Rp 850000

KONTAN.CO.ID - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang peringatan (commemorative money) tepat pada hari ini, Senin (17/8).

Uang rupiah khusus tersebut berupa uang pecahan Rp 75.000. 

"Selain itu, ini juga sebagai wujud dalam mensyukuri anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka, simbol memperteguh kebhinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia," tutur bank sentral dalam siaran pers, Senin (17/8). 

Uang pecahan baru tersebut dicetak khusus oleh BI untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus. Meski demikian, uang khusus Bank Indonesia ini tak dicetak setiap tahun, dan hanya dirilis di tahun-tahun tertentu yang dianggap istimewa.

Uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam rangka peringatan tertentu. Uang rupiah khusus ini memiliki nominal yang berbeda dari nilai jualnya karena dicetak dalam edisi terbatas meski tetap bisa digunakan sebagai alat transaksi resmi. 

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, berikut deretan uang rupiah khusus yang dicetak BI untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI (Indonesia Merdeka):

Baca Juga: Ini dia ciri-ciri uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI

Uang rupiah khusus seri 25 tahun Kemerdekaan RI

Uang rupiah khusus seri ini dibuat tahun 1970, menggunakan logam perak dengan kadar 1000/1000, logam emas kadar 1.000/1.000, logam emas kadar 900/1000. 

1. Pecahan Rp 200

Untuk tampak depan, bagian tengah terdapat gambar Burung Cenderawasih, bagian atas terdapat kata-kata "25 tahun kemerdekaan". Sementara bagian bawah terdapat kata-kata "Republik Indonesia" dalam susunan setengah lingkaran. 

2. Pecahan Rp 250

Untuk tampak belakang, bagian tengah terdapat gambar arca batu Manjusyru dari Candi Tumpang Malang. 

Bagian atas terdapat kata-kata “25 tahun kemerdekaan” dalam susunan setengah lingkaran, sementara bagian bawah terdapat kata-kata ”Republik Indonesia” dalam susunan setengah lingkaran. 

Baca Juga: Tepat di HUT RI ke-75, BI akan luncurkan uang baru

3. Pecahan Rp 500

Untuk tampak depan, bagian tengah adalah gambar Penari Wayang Wanita.

Bagian atas terdapat kata-kata “25 tahun kemerdekaan” dalam susunan setengah lingkaran. Sementara bagian bawah terdapat kata-kata ”Republik Indonesia” dalam susunan setengah lingkaran.

4. Pecahan Rp 750

Untuk tampak depan, bagian tengah adalah gambar Ukiran Garuda Bali. Lalu, bagian atas terdapat kata-kata “25 tahun kemerdekaan” dalam susunan setengah lingkaran. 

Sementara, bagian bawah terdapat kata-kata ”Republik Indonesia” dalam susunan setengah lingkaran.

5. Pecahan Rp 1.000

Untuk tampak depan, bagian tengah adalah gambar Jendral Sudirman. 

Kemudian, bagian atas terdapat kata-kata “25 tahun kemerdekaan” dalam susunan setengah lingkaran. Sementara, bagian bawah terdapat kata-kata ”Republik Indonesia” dalam susunan setengah lingkaran.

Baca Juga: Kurs rupiah berpotensi menguat setelah perayaan kemerdekaan

6. Pecahan Rp 5.000

Untuk tampak depan, bagian tengah adalah gambar Arca batu Manjusyri dari Candi Tumpang Malang. 

Lalu, bagian atas terdapat kata-kata “25 tahun kemerdekaan” dalam susunan setengah lingkaran. Sedangkan bagian bawah terdapat kata-kata ”Republik Indonesia” dalam susunan setengah lingkaran. 

7. Pecahan Rp 10.000

Untuk tampak depan, bagian tengah adalah gambar Penari Wayang Wanita. Kemudian, bagian atas terdapat kata-kata “25 tahun kemerdekaan” dalam susunan setengah lingkaran. 

Sedangkan bagian bawah terdapat kata-kata ”Republik Indonesia” dalam susunan setengah lingkaran. 

Baca Juga: Turun tipis, pembiayaan utang pemerintah di 2021 capai Rp 1.142,4 triliun

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru