Gejala virus corona ini justru semakin banyak terjadi, setelah satu tahun sembuh

Senin, 06 September 2021 | 19:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gejala virus corona ini justru semakin banyak terjadi, setelah satu tahun sembuh

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala virus corona yang masih terus terjadi, meski Anda sudah dinyatakan sembuh. Seiring berjalannya waktu, kondisi itu bisa berkurang. Sayangnya, ada beberapa gejala yang lebih sering muncul setelah satu tahun.

Melansir Best Life, hasil penelitian itu dipublikasikan dalam The Lancet. Para peneliti membandingkan gejala yang dialami 1.276 pasien Covid-19 yang dirawat di rumahsakit. Sebanyak 68% pasien masih mengalami minimal satu gejala setelah enam bulan.

Setelah satu tahun, jumlah pasien yang masih mengalami gejala turun menjadi 49%. Ada beberapa gejala Covid-19 yang masih terus dialami pasien setelah satu tahun. Mulai kelelahan dan lemah otot, sulit tidur, rambut rontok, hingga menurunnya kemampuan indra penciuman.

Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan, ada dua gejala yang justru semakin banyak dialami pasien Covid-19 setelah satu tahun. Gejala virus corona yang dimaksud adalah sesak napas dan kecemasan atau depresi.

Baca Juga: 5 Kondisi yang bisa jadi long covid, Anda wajib tahu

Baca Juga: Catat! Gejala Covid-19 ini bisa terus Anda alami, tak mudah hilang

Mengutip dari Best Life, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui alasan mengapa ada lebih banyak pasien Covid-19 yang mengalami depresi. Para peneliti mengatakan, ada beberapa faktor yang mungkin berpengaruh.

Misalnya, respons sistem imun tubuh, proses biologis tubuh terhadap infeksi virus, hingga berkurangnya kontak sosial yang mana mempersulit proses penyembuhan. Proses perawatan kesehatan fisik akibat infeksi virus corona yang tidak lengkap juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Jika Anda sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, tapi masih terus mengalami gejalanya, jangan ragu untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa tetap mendapat perawatan yang sesuai.

Jangan lupa untuk segera mendapat suntikan vaksin. Meski sudah memiliki antibodi, Anda tetap membutuhkan vaksin supaya tubuh Anda lebih terlindungi dari Virus Corona. Selain itu, pastikan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya: Tak mudah hilang, gejala Covid-19 bisa terus Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru