5 Kondisi yang bisa jadi long covid, Anda wajib tahu

Rabu, 01 September 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Kondisi yang bisa jadi long covid, Anda wajib tahu

KONTAN.CO.ID - Berbeda dari jenis penyakit yang lain, gejala Covid-19 bisa terus Anda alami dalam jangka waktu yang relatif lama. Kondisi itu biasa dikenal dengan istilah long covid.

Tentu saja, Anda perlu mewaspadai hal tersebut karena bisa mengganggu aktivitas Anda. Setelah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona, ciri-ciri Covid-19 terus Anda alami.

Bahkan, ada kasus di mana gejalanya terjadi selama berbulan-bulan. Tak hanya orang tua, pasien Covid-19 yang berusia mudah pun bisa mengalami hal yang sama.

Melansir Eatthis.com, ada beberapa kondisi yang tergolong dalam kategori long covid. Mulai dari kelelahan hingga sulit tidur. Jika Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini, jangan ragu untuk membicarakannya ke dokter, ya:

Rambut rontok

Infeksi virus corona mengakibatkan inflamasi dalam tubuh. Hal itulah yang membuat jumlah rambut rontok bertambah.

Supaya tak bertambah parah, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan perawatan rambut yang diperlukan.

Baca Juga: Waspada! Inilah gejala long covid yang bisa Anda alami

Kelelahan

Kelelahan jadi salah satu gejala Covid-19 yang cukup sering dialami banyak orang. Tubuh tak bisa berfungsi optimal, bahkan untuk kegiatan yang ringan.

Kelelahan akibat Covid-19 mirip dengan efek SARS yang mana bisa berlangsung selama empat tahun.

Palpitasi

Palpitasi atau detak jantung yang berubah-ubah jadi kondisi lain yang tergolong dalam long covid. Tak hanya itu, Anda juga rentan mengalami sesak napas, pusing, dan nyeri dada setelah terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Tidak perlu khawatir, efek samping vaksin Covid-19 tak terlalu parah

Nafsu makan turun

Nafsu makan turun termasuk salah satu gejala Covid-19 yang bisa terus Anda alami.

Mengutip dari Eatthis.com, nafsu makan yang turun dan disertai dengan demam jadi salah satu gejala Covid-19 ringan. Sedangkan ciri-ciri virus corona berat ditandai dengan nafsu makan yang berkurang, sesak napas, diare, dan sakit perut.

Sulit tidur

Jika Anda merasa kesulitan untuk tidur di malam hari setelah terinfeksi virus corona, bisa jadi kondisi itu menandakan long covid. Supaya waktu istirahat tak terus terganggu, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Tak mudah hilang, gejala Covid-19 bisa terus Anda alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru