Gempa Bumi di Banten, Ini Mitigasi Bencana yang Benar Jika Terjadi Gempa

Sabtu, 15 Januari 2022 | 05:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Gempa Bumi di Banten, Ini Mitigasi Bencana yang Benar Jika Terjadi Gempa

ILUSTRASI. Gempa Bumi di Banten dan Sekitarnya, Ini Mitigasi Bencana Gempa Bumi yang Benar. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.

KONTAN.CO.ID -  Hari Jumat 14 Januari 2022 tepatnya pada pukul 16.05 WIB, gempa bumi terjadi di Banten dan beberapa wilayah sekitarnya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Twitter resminya memaparkan jika gempa terjadi dengan skala 6,7 magnitudo berpusat di Sumur, Banten, dengan kedalaman 10km. 

Jika gempa bumi terjadi, masyarakat perlu menerapkan mitigasi yang benar agar keselamatan diri bisa terjamin. 

Mitigasi bencana, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana. 

Baca Juga: Anak Usaha BUMN Pos Indonesia Buka Lowongan Kerja 2022, Ada Posisi Buat Semua Jurusan

Upaya tersebut bisa melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, baik yang disebabkan oleh erupsi gunung berapi juga gempa bumi.

Apa saja mitigasi bencana gempa bumi dan gunung meletus yang perlu diketahui? Simak informasinya berikut ini dirangkum dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek.

Mitigasi bencana gempa bumi

Saat terjadi gempa bumi, biasanya disertai dengan bencana lainnya. Jika gempa terjadi di dekat pantai, bencana lain yang muncul adalah tsunami. Jika gempa terjadi di area tebing, bencana lain yang mungkin muncul adalah tanah longsor. 

Mitigasi bencana gempa bumi yang perlu Anda ketahui yang pertama adalah tempat berlindung saat bencana terjadi. Jika Anda berada di dalam ruangan saat gempa terjadi, segera cari tempat untuk berlindung yang kuat. 

Anda bisa berlindung di bawah meja atau kasur. Jika tidak ada meja atau kasur, gunakan bantal atau benda lain untuk melindungi kepala dari benturan.

Baca Juga: Ingin Sekolah di SMA Taruna Nusantara? Simak Syarat Daftar dan Biayanya Ini

Saat gempa sudah selesai, segera menuju ke titik evakuasi. Jangan masuk ke dalam rumah atau bangunan meskipun gempa sudah selesai karena ada kemungkinan bangunan tersebut runtuh.

Apabila Anda berada di luar ruangan saat terjadi gempa, segera hindari area yang terdapat benda yang bisa runtuh seperti gedung, tiang listrik, reklame, pohon, rumah, dan sebagainya. 

Cari ruangan yang terbuka dan tunggu hingga gempa mereda dan arahan dari pihak yang berwajib. Hindari area pantai dan pergi menuju dataran yang lebih tinggi jika Anda berada di sekitar pesisir saat gempa terjadi karena berisiko tsunami. 

Apabila gempa terjadi di area tebing, segera cari tempat yang jauh dari tebing untuk menghindari potensi tanah longsor.

Selanjutnya: Promo J.CO Mingguan sampai 16 Januari 2022, Paket Menarik untuk Donut dan Minuman

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru