Harga Rp 20.000, ini syarat dan cara tes GeNose C19 untuk naik kereta api

Jumat, 05 Februari 2021 | 14:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Harga Rp 20.000, ini syarat dan cara tes GeNose C19 untuk naik kereta api

ILUSTRASI. Calon penumpang kereta api menghembuskan nafasnya ke dalam kantong untuk dites COVID-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

KONTAN.CO.ID -  Hari ini, Jumat (5/2/2021) KAI resmi menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu opsi/pilihan syarat pemeriksaan untuk naik Kereta Api Jarak Jauh. Saat pre launching, harga tes genose di stasiun sebesar Rp 20.000. 

Pemeriksaan GeNose C19 tersedia di 4 stasiun kereta api yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan. Bertahap, layanan ini akan tersedia di stasiun-stasiun lainnya.

KAI mengimbau agar pelanggan melakukan pemeriksaan GeNose pada H-1 sebelum keberangkatan untuk menghindari antrean dan tertinggal kereta. 

Syarat dan cara pemeriksaan GeNose Covid-19 KAI di stasiun 

Adapun syarat melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose Covid-19 bagi calon penumpang antara lain: 

  • Calon penumpang harus dalam kondisi sehat. 
  • Calon penumpang telah memiliki tiket kereta api antar kota/ jarak jauh. 
  • 30 menit sebelum pengambilan sampel napas, calon penumpang dilarang makan/minum dan merokok kecuali minum air putih. 

Baca Juga: ​Tarif Rp 20.000, ini 4 stasiun KAI yang sediakan layanan GeNose C19

Sementara itu, berikut cara dan langkah pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose dirangkum dari laman KAI: 

  1. Calon penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar dengan tertib untuk selanjutnya diberikan kantong GeNose C19 setelah melakukan proses pembayaran.
  2. Pada layanan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali.
  3. Langkahnya adalah, sebanyak dua kali di awal, ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu, pada saat pengambilan napas ke-3, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh.
  4. Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.
  5. Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar tiga menit. 
  6. Pemeriksaan dilakukan satu kali tanpa pengulangan.
  7. Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out. Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api.
  8. Sementara itu, jika hasil deteksi Covid-19 menggunakan GeNose C19 menunjukkan hasil positif, maka tiket Anda dapat dibatalkan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Selanjutnya: ​Tes virus corona GeNose, ini harga, cara kerja, dan akurasinya

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru