Ini 4 manfaat cuka apel, baik untuk kesehatan tubuh

Rabu, 10 Februari 2021 | 05:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 manfaat cuka apel, baik untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Salah satu kegunaan cuka apel adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cuka apel terkenal sebagai bahan alami yang efektif mengatasi masalah kulit, seperti jerawat. Namun, kegunaan cuka apel tidak hanya itu. Masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari menggunakan cuka apel secara rutin.

Mengutip dari Single Care (singlecare.com), cuka apel mengandung antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Kemampuan itulah yang dimanfaatkan banyak orang untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Selain mencegah penyakit, mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan berat badan Anda, apalagi jika ditambah dengan pembatasan asupan kalori. Selain itu, tentu saja masih banyak manfaat cuka apel yang lain.

Menurunkan Jumlah Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal itu. Jadi, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Bahan alami ini efektif jadi obat radang tenggorokan

Mengontrol Gula Darah

Salah satu kegunaan cuka apel adalah mengontrol jumlah gula darah.

Selain mengatur makanan yang dikonsumsi sehari-hari, jumlah gula darah dalam tubuh dapat lebih terkontrol dengan mengonsumsi cuka apel. Melansir Single Care, beberapa sendok teh cuka apel mampu menurunkan respons glikemik sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Menurut sebuah penelitian, penderita diabetes yang mengonsumsi 2 sdm cuka apel setiap sebelum tidur mengalami penurunan jumlah gula darah di pagi hari. Jika Anda mengalami masalah dengan gula darah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi cuka apel.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kegunaan cuka apel selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah risiko penyakit jantung dapat menurun. Selain menurunkan jumlah kolesterol, tekanan darah pun bisa lebih terkontrol dengan cuka apel sehingga risiko sakit jantung pun dapat berkurang.

Baca Juga: Tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami, bisa pakai cuka apel, lemon dll

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Meningkatkan kesehatan rambut jadi kegunaan cuka apel selanjutnya yang bisa Anda dapatkan. Zat asam dalam cuka apel berguna untuk menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut pun bisa lebih baik.

Selain itu, cuka apel mengandung antimikroba yang dapat melawan serangan bakteri. Saat kulit kepala terbebas dari bakteri dan jenis kotoran lain, rambut dapat tumbuh dengan lebih sehat, kuat, dan lebat.

Selanjutnya: Dari bahan alami, berikut 4 rekomendasi penumbuh rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru