Ini 4 manfaat garam himalaya terbaik yang bisa Anda dapat

Selasa, 22 Desember 2020 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 manfaat garam himalaya terbaik yang bisa Anda dapat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat garam himalaya yang bisa dirasakan tubuh. Mulai dari mengeluarkan zat racun, mengontrol gula darah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan mengatasi masalah sistem pencernaan. Hal itu disebabkan karena kandungan mineral yang ada di dalamnya.

Mengeluarkan Zat Racun

Zat racun perlu dikeluarkan dari dalam tubuh supaya tak menimbulkan penyakit. Hal itu bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi larutan garam himalaya. Selain mengeluarkan zat racun, mengonsumsi air garam himalaya secara rutin juga bisa memberikan manfaat yang lain.

Misalnya, keseimbangan pH tubuh Anda menjadi lebih terjaga, energi akan semakin meningkat, dan tubuh menjadi lebih terhidrasi dengan baik. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, siapkan sebuah wadah lalu tuangkan ¼ garam himalaya.

Setelah itu, penuhi wadah dengan air lalu pasang tutupnya dan diamkan selama semalaman. Setiap pagi, minum segelas air yang ditambah dengan 1 sdt larutan garam himalaya yang sudah Anda buat. Dengan rutin melakukan hal itu, manfaat garam himalaya bisa Anda dapat.

Mengontrol Gula Darah

Selain mengeluarkan zat racun secara lebih efektif, NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa garam himalaya juga mampu memperlancar aliran cairan dalam tubuh. Artinya, sensitivitas insulin menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat bawang merah sebagai obat herbal penumpas penyakit

Hal itu menunjukkan bahwa manfaat garam himalaya berguna untuk penderita diabetes. Selain mengontrol jumlah gula darah, garam himalaya juga mampu menyeimbangkan jumlah mineral dan hormon dalam tubuh Anda.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi garam himalaya mampu menstimulus kelenjar ludah untuk menghasilkan enzim amilase. Enzim amilase adalah salah satu jenis enzim yang berguna untuk mencerna karbohidrat. Manfaat garam himalaya masih berlanjut ketika masuk ke perut.

Dalam perut, garam himalaya berfungsi untuk menstimulus produksi asam hidroklorik. Jenis asam ini bermanfaat untuk mencerna protein dan dapat membantu sistem pencernaan untuk memecah makanan dengan cara yang lebih efektif.

Baca Juga: Jus daun pepaya obat herbal untuk tekanan darah tinggi

Mengatasi Masalah Sistem Pernapasan

Manfaat garam himalaya juga berguna untuk mengatasi masalah sistem pernapasan, lo. Kandungan antimikroba dan antibakteri berguna untuk membersihkan saluran pernapasan. Anda perlu menyiapkan sebuah wadah lalu isi dengan air hangat dan garam himalaya. Setelah itu, hirup uap yang muncul dari sana.

Selanjutnya: 6 Manfaat daun kemangi sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru