Ini 7 sifat para miliarder yang bikin mereka sukses dan kaya

Rabu, 23 Desember 2020 | 13:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 7 sifat para miliarder yang bikin mereka sukses dan kaya

ILUSTRASI. Ini 7 sifat para miliarder yang bikin mereka sukses dan kaya. Foto: Warren Buffett. REUTERS/Rick Wilking/File Photo


KONTAN.CO.ID -  Kebanyakan miliarder dunia memiliki sifat-sifat yang sama. Sifat tersebut sedikit banyak membangun kebiasaan yang membawa kesuksesan pada mereka.

Jika Anda ingin mengikuti jejak Warren Buffett, hingga Elon Musk, ada baiknya untuk mencontoh sifat-sifat mereka.

Merubah sifat dan kebiasaan memang tidak mudah. Namun, Anda bisa dengan perlahan mengubah sifat dan kebiasaan Anda. 

Berikut sifat-sifat yang dimiliki orang terkaya di dunia yang membuat mereka sukses. Informasi di bawah ini dihimpun dari CNBC dan Money Crashers

  • Berani bermimpi besar

Salah satu sifat yang dimiliki para miliarder adalah mau bermimpi besar. Contohnya saja Elon Musk. Dia berani bermimpi membawa turis berkunjung ke bulan. 

Tidak hanya sekedar mimpi, Musk kemudian mewujudkannya dengan mendirikan SpaceX. Perusahaan ini fokus pada peluncuran roket luar angkasa. SpaceX sudah beberapa kali melakukan percobaan dalam peluncuran pesawat luar angkasa. 

Selain bermimpi besar, Anda juga harus berusaha untuk mewujudkannya. Jika tidak ada aksi nyata, mimpi hanyalah sekedar mimpi belaka. 

Baca Juga: Bisa ditiru, ini cara Warren Buffett mendidik anak biar pintar mengatur uang

  • Mau belajar dari kegagalan

Tidak ada kesuksesan yang diraih tanpa kegagalan. Beberapa dari ide Anda mungkin saja tidak berbuah keberhasilan. 

Tetapi jangan sampai hal tersebut membuat Anda menyerah. Ide dan eksperimen yang gagal bisa menjadi guru terbaik bagi Anda. Dari kegagalan tersebut, catat apa saja yang perlu dikembangkan dan dipertahankan.

  • Berpikir jauh ke depan

Berpikir jauh ke depan menjadi sifat yang banyak dimiliki para miliarder dunia. Sebut saja Bill Gates yang bisa melihat potensi software komputer yang berkembang pesat setiap tahunnya. 

Atau Anda bisa mencontoh Jeff Bezos yang mampu memanfaatkan celah bisnis E-commerce hingga Amazon.com bisa untung besar. Cari hal-hal yang berpotensi menguntungkan dalam jangka panjang. Dengan menekuni hal tersebut, kesuksesan Anda jadi lebih awet. 

  • Membangun relasi baik

Memilih dengan siapa Anda berbisnis atau bekerja bisa menjadi penentu kesuksesan Anda.  Di awal berdirinya Microsoft, Bill Gates dibantu Paul Allen dan Steve Ballmer. 

Investor ulung, Warren Buffett juga memiliki partner dalam menjalankan Berkhsire Hathaway. Buffett telah bekerjasama dengan Charles Munger sejak tahun 1975. 

Dengan relasi yang tepat, bisnis atau karir Anda juga bisa berkembang dengan baik. 

Mereka bisa memberi masukan dan kritik membangun tentang kinerja Anda. Ada baiknya jika berkawan dengan orang yang lebih berkompeten dari Anda.  

  • Memanfaatkan waktu dengan baik

Salah satu sifat para miliarder adalah memanfaatkan waktu yang ada. Sifat ini menjadi salah satu kunci sukses mereka. Banyak dari para miliarder yang mendapatkan ide-ide menarik di waktu yang tidak terduga. 

Elon Musk misalnya, mendapatkan banyak ide saat sedang mandi. Beberapa CEO perusahaan terkenal seperti Facebook bahkan Google sengaja melangsungkan rapat dengan berdiri.

Mereka beranggapan jika saat berdiri atau berjalan merupakan saat dimana orang lebih fokus, produktif, dan kreatif. 

  • Menciptakan ide orisinil

Hampir semua miliarder dunia memiliki ide bisnis yang orisinil. Mereka tidak meniru tren tetapi menciptakan tren.

Hal ini membuat kesempatan untuk sukses lebih besar. Mengikuti tren memang bisa membuat bisnis Anda cepat laku, tapi akan segera redup jika tren berganti. 

Anda bisa memanfaatkan kebutuhan sehari-hari untuk menciptakan ide yang baru. Contohnya seperti Pendiri Dropbox, Drew Houston dan Arash Ferdowski, yang menciptakan layanan penyimpanan data karena sering lupa membawa flashdisk. 

  • Fokus pada tujuan

Sifat yang dimiliki kebanyakan miliarder dunia adalah fokus. Dengan sifat ini, mereka bisa meraih kesuksesan.

Saat sudah menentukan tujuan Anda, curahkan segala daya dan upaya untuk menggapainya. Pendiri Micrososft, Bill Gates, bahkan tidak liburan saat mendirikan Microsoft. Yang menjadi fokus utama Gates adalah membuat perusahaannya berhasil dan sukses. 

Selanjutnya: Simak 5 strategi Jack Ma dalam berbisnis hingga sukses seperti sekarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru