Ini 8 Bahaya dan Efek Samping Infus Pemutih Kulit terhadap Kesehatan Tubuh

Sabtu, 09 Desember 2023 | 06:35 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 8 Bahaya dan Efek Samping Infus Pemutih Kulit terhadap Kesehatan Tubuh

ILUSTRASI. Ilustrasi Injeksi Pemutih Kulit


PERAWATAN KULIT WAJAH - JAKARTA. Simak beberapa efek samping dan bahaya injeksi pemutih kulit. Anda perlu memahami beberapa dampak bagi kesehatan dari perawatan kulit berikut ini.

Injeksi pemutih kulit adalah prosedur kosmetik yang melibatkan penyuntikan zat-zat tertentu ke dalam lapisan kulit untuk mencerahkan warna kulit.

Zat yang sering digunakan untuk tujuan ini adalah glutathione, yang merupakan antioksidan alami yang biasa ada dalam tubuh dan dapat membantu mengurangi produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.

Prosedur ini populer di beberapa negara, terutama di Asia, di mana kulit cerah dianggap sebagai standar kecantikan. Meskipun ada klaim bahwa injeksi pemutih kulit dapat membuat kulit lebih cerah, beberapa orang mempertanyakan keamanan dan efektivitasnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan injeksi pemutih kulit dapat memiliki efek samping dan risiko kesehatan.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab beserta Cara Pencegahan Jerawat Punggung atau Back Acne

Zat untuk injeksi whitening

Perawatan Kulit

Selain zat umum seperti glutathione ada beberapa zat yang sering digunakan dalam injeksi pemutih kulit:

  • Glutathione: Sebagai antioksidan utama dalam tubuh, glutathione digunakan untuk mengurangi produksi melanin dan memberikan efek pemutihan pada kulit.
  • Vitamin C: Vitamin C sering kali dipasangkan dengan glutathione dalam injeksi pemutih kulit. Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan dianggap dapat meningkatkan efek pemutihan kulit.
  • Asam Alfa Lipoat: Zat ini juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu meningkatkan efek pemutihan kulit.
  • Vitamin E: Vitamin E dikenal karena sifat antioksidannya dan kadang-kadang digunakan dalam formulasi injeksi pemutih kulit.
  • Kolagen: Meskipun biasanya lebih terkait dengan perawatan anti-penuaan dan kekencangan kulit, kolagen kadang-kadang termasuk dalam injeksi pemutih untuk membantu meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Efek samping infus whitening

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa bahaya dan efek samping injeksi pemutih kulit terhadap kesehatan.

Merangkum dari laman Oladoc, kenali beberapa bahaya dan efek samping injeksi whitening untuk terhadap kesehatan dan timbulnya penyakit.

Baca Juga: Bebas Kusam, Ini 6 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah

1. Memperburuk gejala asma

Saat Anda menggunakan obat untuk tujuan selain mengobati penyakit tertentu. Ini tentu akan memengaruhi fungsi normal tubuh dengan cara apa pun. Beberapa serum pemutih kulit yang disuntikkan ke lapisan kulit pertama (lapisan epidermis) memengaruhi paru-paru Anda secara langsung.

Sehingga, sebelum memulai perawatan injeksi whitening, Anda perlu memberi tahu konsultan bagi penderita penyakit paru-paru, alergi, atau masalah pernapasan.

2. Penambahan berat badan

Tindakan injeksi bisa menambah kelembutan pada kulit tidak akan membuat Anda terlihat gemuk tetapi memengaruhi keseimbangan hormonal dan area yang sensitif terhadap lemak, obat-obatan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan yang sedikit.

Apakah itu masalah yang serius? Jangan khawatir dan tidak perlu takut. Setiap orang bereaksi berbeda terhadap perubahan. Beberapa orang memperlihatkan gejala ini tetapi hanya sekitar 2%. Jadi, Anda mungkin memiliki peluang lebih baik untuk ini.

Selain itu, pembengkakan dapat dengan mudah hilang jika Anda puas dengan perawatan dan fokus pada tujuan utama Anda.

3. Kehilangan pigmen rambut

Sebagai perawatan pemutihan, ini memengaruhi melanin Anda langsung. Dengan melanin, produk pewarnaan lain dari tubuh Anda rentan terhadap efek ini juga. Oleh karena itu, jika Anda mengalami beberapa rambut putih itu hanya normal setelah perawatan pemutihan. Bentuk terburuknya bisa saja rambut rontok tetapi itu juga bisa diabaikan setelah beberapa saat.

4. Rasa Mual

Setiap injeksi yang disuntikkan ke dalam tubuh, mual akan menjadi efek samping dan reaksi alami tubuh. Saat mual melanda, ini menjadi tanda tubuh sebelumnya dalam kondisi sehat. Tubuh manusia membatalkan apa pun yang berlebihan yang diambil seseorang. Perasaan ingin muntah adalah perasaan sementara yang akan Anda dapatkan segera setelah dosis diambil.

5. Infeksi dan gangguan mata

Saat zat-zat dari injeksi masuk ke dalam aliran darah, mereka dapat mempengaruhi mata dan menyebabkan infeksi atau gangguan. Efek samping ini memerlukan perhatian medis segera.

6. Reaksi alergi pada kulit

Injeksi pemutih kulit dapat meningkatkan risiko reaksi alergi pada kulit, termasuk kemerahan, gatal, atau pembengkakan. Reaksi ini dapat terjadi sebagai respons terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam injeksi.

7. Kehilangan sebagian sensasi

Beberapa orang mungkin mengalami kehilangan sebagian sensasi atau mati rasa pada area yang diinjeksikan. Ini bisa disebabkan oleh efek anestesi lokal atau efek samping lainnya.

8. Nyeri di payudara

Selama atau setelah injeksi, beberapa individu melaporkan nyeri di payudara atau puting susu. Ini mungkin terkait dengan perubahan hormonal atau efek samping yang memengaruhi jaringan payudara.

Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur semacam itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau dokter kulit yang berpengalaman untuk mendiskusikan risiko dan manfaatnya serta memastikan keamanan prosedur tersebut.

Itulah beberapa risiko hingga efek samping dari injeksi pemutih kulit yang perlu Anda pertimbangkan.

Selanjutnya: Hore! Ada 11 Ruas Tol yang Bisa Diakses Gratis saat Libur Nataru 2023

Menarik Dibaca: Sekitar 5.000 Peserta Bakal Ikuti Ajang Lari PLN Electric Run 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru