Ini cara membuat plus 5 manfaat masker kopi untuk kulit

Kamis, 05 Agustus 2021 | 08:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini cara membuat plus 5 manfaat masker kopi untuk kulit

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat masker kopi yang berguna untuk kesehatan kulit. KONTAN/Muradi/2017/08/14


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain dikonsumsi, kopi juga bisa Anda olah menjadi masker untuk menjaga kesehatan kulit. Alasannya karena bahan alami itu mengandung banyak antioksidan yang bisa mengatasi banyak masalah kulit. Cara membuat masker kopi pun cukup mudah.

Pertama, campur bubuk kopi dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama. Setelah teraduk rata, gosokkan campuran itu pada kulit dengan gerakan memutar. Diamkan dulu selama 15 hingga 60 menit kemudian bilas kulit dengan air hangat.

Lakukan cara tersebut sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal. Anda bisa mengganti minyak zaitun dengan bahan alami yang lain. Namun, pastikan untuk tidak memakai bahan yang bersifat komedogenik, ya. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat.

Mencegah Tanda Penuaan

Mengutip dari Healthline (healthline.com), kopi berguna untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di kulit. Efek paparan sinar matahari juga bisa berkurang. Dengan pemakaian rutin, noda hitam, garis halus, kerutan, kulit kemerahan, dan tanda penuaan yang lain dapat Anda atasi.

Baca Juga: 7 Manfaat ampas kopi yang sangat berguna, jangan Anda buang

Meredakan Peradangan

Ada banyak faktor yang menyebabkan peradangan atau inflamasi di kulit. Mulai dari infeksi bakteri penyebab jerawat atau hiperpigmentasi. Untuk menghindari masalah yang lebih parah, cobalah untuk menggunakan masker kopi secara teratur karena bahan alami itu mengandung antiinflamasi.

Mengobati Mata Panda

Meski tidak berbahaya untuk kesehatan, mata panda atau lingkar hitam di bawah mata bisa mengganggu penampilan. Salah satu cara efektif yang berguna untuk mengatasi masalah itu adalah dengan memanfaatkan kopi.

Kafein yang terkandung dalam kopi mampu mengencerkan darah di sekitar mata sehingga lingkar hitam pun berkurang. Anda perlu mencampur bubuk kopi dan minyak zaitun masing-masing ½ sdt terlebih dahulu. Aduk rata lalu aplikasikan pada mata panda selama minimal lima menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Ini 4 moisturizer untuk kulit berminyak dari bahan alami

Mengurangi Selulit

Masker kopi dapat Anda gunakan untuk mengurangi selulit.

Manfaat masker kopi berikutnya yang disebutkan Healthline adalah bahan alami itu bisa mengurangi selulit. Lagi-lagi, efek itu berasal dari kandungan kafein dalam kopi. Kafein dapat mengencerkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Menyembuhkan Sunburn

Efek paparan sinar matahari berlebih pada kulit adalah sunburn. Jika Anda mengalami masalah tersebut, cobalah untuk menyembuhkannya dengan kopi. Anda hanya perlu mengaplikasikan kain yang telah dicelup dalam air kopi pada bagian kulit yang terluka.

Selanjutnya: Memanjangkan Rambut dengan Kopi, Apa Bisa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru