TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran. Masalah saat memasukkan token listrik ke meteran bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan.
Nah, ada beberapa langkah praktis yang bisa diikuti untuk mengatasi masalah ini dan melaporkannya jika perlu.
Token Listrik PLN adalah serangkaian kode angka yang digunakan untuk menambah kapasitas kWh di meteran listrik, baik di rumah maupun perkantoran.
Sistem prabayar ini memudahkan pengguna dalam mengontrol dan memperkirakan penggunaan listrik rumah tangga. Meskipun demikian, ada kalanya pengguna mengalami kesulitan saat mencoba memasukkan token listrik ke meteran.
Baca Juga: Ini 3 Cara Bayar Tagihan Listrik PLN via Mobile Banking
Penyebab Umum Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran
Berikut beberapa penyebab umum dan langkah-langkah yang bisa diambil
1. Meteran Membutuhkan Perawatan (Maintenance)
Meteran listrik mungkin memerlukan perawatan rutin dari pihak PLN sesuai dengan wilayah pengguna. Ini bisa menyebabkan gangguan sementara dalam sistem meteran.
2. Kesalahan Memasukkan Nomor Meter atau Kode Token
Pastikan nomor meteran dan kode token yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan yang tertera di voucher token. Kesalahan pengetikan bisa menyebabkan token tidak valid.
3. Gangguan Jaringan Listrik
Kadang-kadang, gangguan pada jaringan listrik dapat menghambat pengiriman token dari sistem PLN ke meteran listrik Anda. Hal ini bisa terjadi akibat pemadaman atau gangguan teknis lainnya.
4. Masalah Teknis pada Sistem PLN
Sistem pembayaran atau server PLN mungkin mengalami gangguan atau downtime, yang bisa menyebabkan kegagalan dalam memproses token listrik.
5. Kerusakan pada Perangkat Pembaca Token
Jika perangkat pembaca token di meteran Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, ini juga bisa menjadi penyebab token tidak diterima oleh sistem.
Baca Juga: Tarif Listrik Terbaru yang Berlaku per 1 Juli 2024
Cara mengatasi Token Listrik gagal masuk ke Meteran
Jika token listrik gagal masuk, sebaiknya cek kembali semua informasi yang dimasukkan, seperti nomor meter dan kode token, serta sisa daya listrik pada meteran.
Apabila setelah diperiksa semua informasi sudah benar dan token masih gagal dimasukkan, maka sebaiknya menghubungi layanan pelanggan PLN untuk mendapatkan solusi atas masalah tersebut.
Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan token masih gagal masuk, Anda dapat mengadu ke kantor PLN secara online.
Ada beberapa cara mengatasi token listrik gagal masuk ke Meteran.
1. Laman resmi PLN
Pertama, pelanggan bisa memanfaatkan fitur pada laman resmi PLN berikut ini.
- Buka laman https://layanan.pln.co.id/ di browser.
- Klik menu Masuk atau Daftar akun baru.
- Pilih menu Pusat Layanan Pelanggan.
- Klik opsi Layanan Gangguan.
- Isi formulir pengaduan termasuk nomor meter listrik, nomor HP, dan deskripsi masalah.
- Simpan nomor tiket pengaduan yang dapat digunakan untuk memantau proses penyelesaian pengaduan.
- Tunggu beberapa saat atau hari hingga pihak PLN menghubungi dan memberikan solusi atas masalah yang dialami.
2. Sambungan Telepon 123
Ada juga panduan lain yang bisa diterapkan pelanggan yakni calling via layanan 123 milik PLN.
- Buka menu Telepon atau menggunakan Telepon Rumah.
- Masukkan kode telepon daerah + 123.
- Tunggu hingga nada berdering.
- Pilih menu untuk melakukan pengaduan layanan.
- Ungkap bahwa token listrik gagal masuk.
- Petugas akan memeriksa data yang tercatat.
- Petugas akan memberikan arahan seperti pemeriksaan hingga beberapa hari.
- Catat nomor laporan sebagai bukti pengaduan pelanggan.
- Berikan nomor rumah atau nomor HP aktif untuk petugas agar dapat menghubungi kembali.
Pengguna yang telah gagal memasukkan nomor token listrik lebih dari 5 kali sebaiknya mencoba untuk melaporkan ke petugas terkait. Petugas akan menghubungi kembali pelanggan apabila laporan telah diproses atau masalah dalam pengembangan petugas teknis.
Itulah penjelasan terkait panduan mengatasi Token Listrik gagal masuk ke Meteran PLN yang waijb diketahui oleh pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News