Ini daftar makanan tinggi vitamin D yang baik untuk menangkal penyakit

Rabu, 21 Juli 2021 | 08:44 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini daftar makanan tinggi vitamin D yang baik untuk menangkal penyakit

ILUSTRASI. Ini daftar makanan tinggi vitamin D yang baik untuk menangkal penyakit.

KONTAN.CO.ID -  Vitamin D memiliki manfaat yang bisa membantu menangkal infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk memenuhi kebutuhannya, ada beberapa makanan yang mengandung vitamin D yang cukup tinggi.

Mineral dan vitamin dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit dan memelihara kesehatan. 

Karenanya asupan vitamin perlu dipenuhi setiap harinya sesuai dengan anjuran yang tepat dan tidak berlebihan. 

Bersumber dari laman www.nhs.uk, vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot. Selain kesehatan tulang dan gigi, vitamin ini juga membantu mengurangi risiko tertular virus seperti virus Covid-19. 

Tubuh kita secara alami bisa memproduksi sendiri vitamin D dengan cara berjemur. Sinar matahari akan memicu tubuh khususnya kulit untuk memproduksi vitamin D. 

Saat hari sedang cerah, Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 09.00 pagi selama 5-15 menit. Jika Anda berjemur di atas pukul 10.00, besar kemungkinan kulit Anda akan terbakar dan menurunkan imun.

Baca Juga: Ini tips mengolah dan menyimpan daging kurban biar tetap awet

Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu untuk berjemur di pagi hari. Solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan vitamin D adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. 

Makanan mengandung vitamin D

Banyak sumber makanan yang kaya nutrisi yang bisa dengan mudah Anda dapatkan. Namun tidak semua makanan memiliki kandungan vitamin tertentu dalam jumlah yang cukup. 

Untuk vitamin D, ada beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin ini dalam jumlah yang cukup tinggi. Berikut ini daftar makanan yang mengandung vitamin D dirangkum dari Healthline

  • Ikan salmon
  • Ikan sarden 
  • Minyak ikan cod
  • Ikan tuna kaleng
  • Kuning telur
  • Berbagai macam jamur
  • Susu sapi
  • Susu kedelai 
  • Jus jeruk
  • Sereal dan oatmeal

Meskipun dibutuhkan tubuh, mengonsumsi vitamin D tidak perlu sampai berlebihan. Seperti dikutip dari Healthline, kebutuhan harian vitamin D untuk usia 1-70 tahun rata-rata sebanyak 600 IU. 

Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan kombinasi makanan mengandung vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari.

Untuk orang dewasa berusia di atas 70 tahun, kebutuhan vitamin D hariannya meningkat menjadi setidaknya sebanyak 800 IU per hari. 

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Kelebihan vitamin D akan disimpan di dalam hati dan dikeluarkan saat tubuh membutuhkannya.

Menurut Mayo Clinic, kelebihan vitamin D bisa menyebabkan beberapa keluhan seperti mual, muntah, lelah, dan sering buang air kecil. 

Kelebihan vitamin ini juga menyebabkan sakit pada tulang dan gangguan kesehatan ginjal seperti batu ginjal. Karenanya, perhatikan konsumsi vitamin D harian Anda agar kesehatan tetap terjaga. 

Selanjutnya: Vitamin D: Super hormon yang bermanfaat menangkal Covid-19 hingga kanker

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru