Ini penyebab, gejala, dan obat wasir, Anda perlu tahu

Selasa, 17 Agustus 2021 | 20:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini penyebab, gejala, dan obat wasir, Anda perlu tahu


KESEHATAN - Hemmorroids atau wasir adalah penyakit yang terbilang cukup banyak diderita orang di berbagai negara. Lantas, apa itu wasir? Berikut ini penyebab, gejala, dan obatnya.

Walaupun bukan kondisi yang berbahaya, wasir mengakibatkan nyeri dan sangat mengganggu kenyamanan penderita. 

Dilansir dari Webmd, wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah rektum (ujung usus) dan anus. Terkadang, dinding pembuluh darah ini meregang sangat tipis sehingga pembuluh darah menonjol dan teriritasi, terutama saat buang air besar. 

Wasir disebut juga ambeien. Ada dua gejala wasir. Pertama, wasir dalam atau internal hemorrhoids. Gejala wasir ini umumnya tidak sakit.

Namun biasanya, kotoran dari buang air besar bercampur dengan darah. Seringkali terdapat jaringan yang menonjol di luar lubang anus (prolaps) yang bisa membuat penderitanya menyakitkan saat  buang air besar.

Baca Juga: Cari obat herbal ambeien? Manfaat 4 bahan alami ini

Benjolan ini akan tampak lembap dan lebih merah muda dari daerah sekitarnya. Namun, biasanya setelah selesai buang air besar, benjolan ini akan kembali terdorong masuk. 

Kedua, wasir luar atau external hemorrhoids. Wasir ini terjadi di bawah kulit di sekitar anus, di mana kulit anus menjadi cukup sensitif terhadap rasa sakit, sehingga wasir luar seringkali memberikan rasa nyeri yang luar biasa. 

Selain nyeri, gelaja wasir lainnya adalah gatal, berdarah, dan pembengkakan pada daerah anus. 

Wasir adalah penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya. Tapi, bila gejalanya tidak hilang dalam seminggu atau mengalami pendarahan, segera temui dokter untuk memastikan bahwa gejala ini tidak memiliki kondisi yang lebih serius.

Wasir juga bisa menimbulkan beberapa komplikasi seperti iritasi kulit, anemia, dan infeksi.

Baca Juga: Bahan alami ini bisa menjadi obat ambeien yang ampuh

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru