Inilah 4 cara mengusir tawon yang bisa Anda coba

Jumat, 04 Desember 2020 | 11:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 cara mengusir tawon yang bisa Anda coba

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengusir tawon yang bisa Anda lakukan. REUTERS/Tatyana Makeyeva


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tawon merupakan salah satu jenis serangga yang perlu segera disingkarkan dari lingkungan tempat tinggal Anda. Jika dibiarkan, tawon bisa menggigit Anda dan anggota keluarga lain sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan alergi. Berikut ini cara mengusir tawon yang bisa Anda coba.

Jaga Kebersihan Rumah

Berbeda dengan lebah, sumber makanan tawon tak hanya nektar. Tawon juga bisa menyerang sumber makanan lain, seperti produk olahan daging atau makanan manis. Jadi, ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihan rumah Anda.

Jika ada sisa produk olahan daging dan makanan manis yang masih ingin Anda konsumsi, simpan di tempat tertutup. Jangan biarkan jenis makanan tersebut dibiarkan di tempat terbuka. Bila Anda tak lagi menggunakan sumber makanan itu, segera buang agar tawon tak datang ke rumah Anda.

Semprotkan Insektisida

Mengutip dari Nature Holds The Key (natureholdsthekey.com), cara mengusir tawon juga bisa Anda lakukan dengan memakai insektisida. Cara ini cukup mudah untuk dicoba dan efektif. Anda bisa memilih insektisida organik yang memiliki zat racun lebih rendah daripada insektisida biasa.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, ini 5 cara mengusir nyamuk terefektif

Air Sabun

Selain menyemprotkan insektisida di sekitar rumah Anda, tawon juga bisa dibasmi dengan memakai air sabun. Anda bisa membuatnya dengan mencampur deterjen dan air. Setelah itu, semprotkan air sabun pada sarang tawon.

Jangan lupa untuk memakai pakaian yang dapat melindungi kulit Anda dari gigitan tawon. Anda juga bisa menyemprotkannya saat malam hari untuk menurunkan risiko tawon menyerang Anda. Nantinya, air sabun akan menempel pada sayap tawon sehingga tawon sulit bergerak kemudian mati.

Baca Juga: 4 cara mengusir lalat, efektif dan mudah dilakukan

Tanaman Pembasmi Tawon

Menanam jenis tumbuhan tertentu bisa jadi cara mengusir tawon selanjutnya yang bisa Anda coba. Nature Holds The Key mengatakan bahwa beberapa jenis tumbuhan yang dimaksud adalah serai wangi, mint, dan kayu putih.

Anda bisa menanam tumbuhan-tumbuhan tersebut di pekarangan untuk mencegah kedatangan tawon. Jika hal tersebut tak memungkinkan, Anda bisa meletakkan jenis tumbuhan tersebut dalam sebuah vas. Letakkan cas tersebut di sekitar Anda ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

Selanjutnya: Tak perlu dibunuh, ini 6 cara mengusir tikus dari rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru