Inilah 4 gejala diabetes yang harus diwaspadai

Kamis, 17 Desember 2020 | 14:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 gejala diabetes yang harus diwaspadai

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diabetes banyak menyerang orang Indonesia. Sering kali, orang terlambat mendeteksi penyakit diabetes sehingga banyak pasien diabetes tak bisa disembuhkan.

Diabetes adalah suatu penyakit di mana jumlah gula darah dalam tubuh seseorang melebihi batas normal. Ciri-ciri diabetes perlu Anda perhatikan untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Sering Merasa Lapar

Anda perlu berhati-hati jika sering merasa lapar karena hal itu bisa jadi tanda penyakit diabetes. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), gula yang digunakan sebagai energi tubuh berasal dari proses pencernaan makanan yang Anda konsumsi.

Pada penderita diabetes, tidak banyak gula dari aliran darah yang masuk ke sel tubuh. Hasilnya, penderita diabetes selalu merasa lapar meski sudah makan dalam porsi yang besar. Jika Anda mengalami kondisi tersebut dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter.

Pandangan Mengabur

Ciri-ciri diabetes selanjutnya adalah pandangan yang semakin mengabur dari hari ke hari. Hal itu disebabkan karena jumlah gula darah berlebih dapat mengganggu pembuluh darah kecil yang ada di sekitar mata.

Baca Juga: Penderita hipertensi, waspadai 5 komplikasi penyakit berikut ini

Pandangan yang mengabur bisa terjadi di salah satu atau kedua mata. Jika pandangan yang mengabur dibiarkan dan tidak diberi perawatan apa pun, kondisi kesehatan mata Anda bisa semakin parah. Bahkan, penglihatan Anda bisa hilang secara permanen.

Kesemutan

Kesemutan jadi salah satu ciri-ciri diabetes.

Medical News Today mengatakan bahwa tingginya jumlah gula darah dalam tubuh penderita diabetes bisa mengganggu aliran darah dan sistem saraf. Artinya, tangan, kaki, atau bagian tubuh lain akan sering mengalami kesemutan dan mati rasa.

Pada awal kemunculannya, masalah itu memang tak terlalu mengganggu. Namun, seiring berjalannya waktu, kesemutan dan mati rasa bisa semakin parah dan menyebabkan komplikasi. Anda perlu mendapat perawatan yang tepat untuk mengatasi hal itu.

Baca Juga: Resep jus buah untuk mengobati diabetes melitus dan tekanan darah tinggi

Sering Buang Air Kecil dan Haus

Ciri-ciri diabetes lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah rasa haus dan keinginan untuk buang air kecil meningkat. Ginjal berusaha untuk mengeluarkan gula darah berlebih dalam bentuk urin.

Saat Anda sering buang air kecil, cairan tubuh Anda berkurang. Maka dari itu, rasa haus Anda pun meningkat karena tubuh merasa dehidrasi. Siklus ini terus terjadi jika Anda tak segera mengatasinya dengan cara yang benar.

Selanjutnya: Menderita hipotensi? Konsumsi makanan untuk darah rendah ini, yuk

Editor: Belladina Biananda


Terbaru