TIPS & TRIK - JAKARTA. Cara membuat surat keterangan sehat di Puskesmas dan Rumas Sakit. Cek juga syarat dan biaya yang perlu diketahui oleh masyarakat yang membutuhkan surat tersebut.
Surat keterangan sehat merupakan dokumen dari dokter atau praktisi kesehatan lain yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kondisi kesehatan yang baik.
Dalam surat tersebut informasi akan melampirkan bahwa kondisi tubuh memenuhi syarat untuk melakukan suatu aktivitas, seperti bekerja, bersekolah, atau berpartisipasi dalam suatu acara.
Surat ini biasanya mencakup informasi tentang riwayat kesehatan, hasil pemeriksaan fisik, dan hasil tes medis jika diperlukan.
Baca Juga: Cara Membuat Visa Turis Korea Selatan, Dokumen, hingga Biaya Pengajuan
Kapan surat keterangan sehat digunakan?
Surat ini memiliki banyak kegunaan dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya memiliki Surat Keterangan Sehat:
1. Syarat Administrasi untuk Pekerjaan
Perusahaan atau korporasi meminta calon karyawan untuk membuat Surat Keterangan Sehat sebagai bagian dari proses rekrutmen. Ini membantu perusahaan memastikan bahwa calon karyawan dalam kondisi kesehatan yang baik dan mampu menjalankan tugas yang diberikan.
2. Daftar Instansi Sekolah
Dalam mendaftarkan ke instansi pendidikan, Surat Keterangan Sehat dapat menjadi informasi bahwa calon siswa atau mahasiswa bebas dari penyakit menular dan mampu mengikuti kegiatan akademik dan ekstrakurikuler tanpa masalah kesehatan.
3. Pengurusan Visa dan Perjalanan
Surat Keterangan Sehat juga menjadi syarat pengajuan visa seperti Visa Haji maupun negara lain terutama untuk kunjungan jangka panjang atau untuk tujuan tertentu seperti bekerja atau belajar. Ini untuk memastikan bahwa pelancong tidak membawa penyakit menular atau memiliki kondisi kesehatan yang membutuhkan perhatian medis segera.
4. Izin Mengemudi
Surat Keterangan Sehat juga dibutuhkan saat mengajukan atau memperbarui izin mengemudi, terutama untuk lisensi kendaraan komersial. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi memerlukan surat ini untuk memproses aplikasi asuransi kesehatan atau klaim asuransi.
5. Partisipasi dalam Kegiatan
Beberapa kegiatan atau event seperti olahraga kompetitif, mendaki gunung, atau kegiatan fisik lainnya mungkin memerlukan Surat Keterangan Sehat untuk memastikan partisipan dalam kondisi fisik yang cukup baik untuk berpartisipasi tanpa risiko kesehatan yang signifikan.
Nah, surat keterangan sehat sering dibutuhkan untuk melengkapi berkas administrasi dan membuktikan bahwa seseorang memiliki kondisi kesehatan yang memadai.
Baca Juga: 6 Tahapan Cara Mengurus SIM yang Hilang dan Berkas Persyaratan
Di mana bisa mengajukan surat tersebut?
Masyarakat bisa mendapatkan surat keterangan dengan datang langsung ke Puskesmas hingga Rumah Sakit. Untuk menebus surat keterangan sehat ada biaya pengecekan kesehatan mulai Rp 10.000 di Puskemas, sedangkan di Rumah Sakit bervariasi bergantung kebijakan.
Tentunya, ada beberapa syarat yang diperlukan oleh Anda sebelum meminta surat keterangan sehat.
Syarat membuat keterangan sehat
Inilah syarat pembuatan keterangan sehat seperti dokumen pendukung untuk dibawa saat pengajuan.
- KTP Aktif sesuai pasien.
- Pas foto ukuran 3x4.
- Kartu Keluarga (KK) dan kartu BPJS (sesuai faskes).
- Biaya administrasi sesuai faskes.
Cara membuat Surat Keterangan Sehat
Ikuti panduan untuk membuat surat keterangan sehat di Puskesmas dan Rumah Sakit.
1. Pengajuan surat keterangan sehat di Puskesmas
Masyarakat bisa langsung datang ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan layanan ini.
- Datang ke Puskesmas dalam kondisi sehat.
- Antre ke bagian pendaftaran.
- Serahkan berkas persyaratan.
- Tunggu sesuai nomor antrean ke ruang pemeriksaan.
- Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan secara umum.
- Cek berat badan, tinggi badan, tekanan darah, kesehatan mata, hingga kesehatan telinga.
- Tunggu hingga dokter akan membuat surat keterangan sehat.
- Lakukan pembayaran.
- Surat keterangan sehat bisa dipakai.
2. Pengajuan surat keterangan sehat di Rumah Sakit
Sebagai lternatif, Anda dapat mengunjungi rumah sakit daerah atau swasta untuk mendapatkan surat ini.
- Datangi rumah sakit terdekat dalam kondisi sehat.
- Daftarkan sebagai pasien rumah sakit.
- Serahkan berkas persyaratan.
- Ungkap tujuan pembuatan surat keterangan sehat.
- Tunggu arahan ke ruangan pemeriksaan.
- Tunggu hingga dokter akan membuat surat keterangan sehat.
- Lakukan pembayaran.
- Surat keterangan sehat bisa dipakai.
Dalam pembuatan surat keterangan sehat memiliki masa berlaku sesuai dari kebijakan instansi. Itulah penjelasan terkait manfaat hingga cara membuat surat keterangan sehat di Puskemas dan Rumas Sakit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News