6 Tahapan Cara Mengurus SIM yang Hilang dan Berkas Persyaratan

Selasa, 18 Juni 2024 | 08:55 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Tahapan Cara Mengurus SIM yang Hilang dan Berkas Persyaratan

ILUSTRASI. Mengurus SIM yang Hilang dan Berkas Persyaratan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.


TIPS & TRIK - JAKARTA. Ikuti cara mengurus SIM yang hilang beserta syaratnya, Bagi Anda yang ingin mebuat SIM karena alasan hilang perlu mengikuti panduan berikut

SIM atau Surat Izin Mengemudi merupakan dokumen resmi dari Kepolisian sebagai izin untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya.

Surat resmi ini menunjukkan bahwa pemiliknya telah melewati tes kemampuan mengemudi dan persyaratan yang ditetapkan untuk mengendarai kendaraan dengan bertanggung jawab.

Nah, SIM berisi informasi pribadi pemilik seperti nama lengkap, alamat, tanggal lahir, serta kategori kendaraan yang diizinkan untuk dikemudikan.

Baca Juga: 4 Cara Bayar Denda Tilang Elektronik lewat BRI, BCA, hingga Tokopedia

LAYANAN SIM

Tentu, dengan fisik kartu yang kecil, seseorang bisa saja kehilangan SIM, sehingga tidak memenuhi syarat untuk mengemudi.

Berikut ini beberapa syarat dokumen yang perlu disiapkan untuk mengurus SIM yang hilang.

Syarat mengurus SIM yang hilang

Saat Anda ingin mengurus penggantian SIM yang hilang, Anda akan membutuhkan dokumen-dokumen berikut:

  • Salinan laporan kehilangan yang telah dilaporkan ke polisi.
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli.
  • Fotokopi SIM yang hilang, jika ada.
  • Pasfoto terbaru dengan ukuran yang sesuai dengan persyaratan yang berlaku di kantor Samsat.

Biaya mengurus SIM yang hilang adalah biaya adminstrasi yang disesuaikan seperti pembuatan SIM baru. SIM A dikenai biaya sebesar Rp120.000 dan SIM C biayanya Rp100.000, namun bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan.

Apabila SIM hilang, Anda harus mengurus penggantian SIM dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Berikut ini petunjuk dan langkah yang perlu dilewati dalam mengurus SIM yang hilang.

Baca Juga: Catat Syarat dan Panduan Mengurus STNK Hilang lewat SAMSAT

Cara mengurus SIM yang hilang

1. Laporan Kehilangan ke Kepolisian

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah melaporkan kehilangan SIM Anda ke kantor kepolisian terdekat.

Serahkan laporan kehilangan dan berikan informasi yang diperlukan kepada petugas kepolisian. Pihak kepolisian akan memberikan bukti laporan kehilangan yang akan digunakan saat mengurus penggantian SIM.

2. Datang Kantor Samsat

Setelah Anda memiliki dokumen yang diperlukan, kunjungi kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di daerah. Pergi ke bagian pelayanan SIM di kantor tersebut.

3. Isi Formulir Permohonan

Setelah tiba di kantor Samsat, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan penggantian SIM yang hilang. Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai instruksi yang diberikan.

4. Bawa Dokumen dan Biaya Penggantian

Serahkan semua dokumen yang diperlukan dan bayar biaya penggantian SIM yang ditetapkan. Biaya penggantian SIM dapat berbeda-beda tergantung pada wilayah atau provinsi tempat Anda tinggal.

5. Ambil Foto dan Sidik Jari

Kemudian, ketika proses administrasi selesai, Anda akan diminta untuk mengambil foto dan mencatat sidik jari sebagai bagian dari proses pembuatan SIM baru.

6. Tunggu Proses Penerbitan SIM Baru

Setelah semua proses selesai, Anda akan diberikan tanda bukti bahwa Anda telah mengajukan permohonan penggantian SIM. Tunggu beberapa waktu untuk SIM baru Anda selesai diproses dan diterbitkan biasanya perlu mengikuti antrean lain pada hari yang sama.

Ketika menunggu SIM baru, Anda mungkin akan diberikan Surat Izin Mengemudi Sementara (SIMS) yang akan berfungsi sebagai pengganti sementara hingga SIM baru selesai diproses.

Nah, Anda perlu mengikuti petunjuk dan persyaratan yang ditetapkan oleh kantor Samsat setempat, karena prosedur dan persyaratan dapat berbeda di tiap daerah. 

Demikian penjelasan terkait cara mengurus SIM yang hilang dan berkas persyaratan berlaku untuk semua jenis SIM kendaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru