Jadi penyebab jerawat, ini 5 efek samping minyak zaitun

Senin, 19 Juli 2021 | 10:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi penyebab jerawat, ini 5 efek samping minyak zaitun

ILUSTRASI. Beberapa efek samping minyak zaitun dapat Anda alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda memang bisa mendapat banyak manfaat minyak zaitun. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan efek sampingnya. Jika digunakan dengan cara yang salah, Anda bisa mengalami beberapa efek samping minyak zaitun.

Biasanya, minyak zaitun digunakan untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun pada kulit secara langsung. Meski mudah untuk dipakai, tapi sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dulu dengan dokter.

Jika dosis atau cara penggunaan minyak zaitun kurang tepat, bukan tidak mungkin beberapa efek samping ini Anda alami. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk meminta saran dokter mengenai dosis yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Menyebabkan Jerawat

Minyak zaitun memang bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit. Namun, penggunaan yang kurang tepat justru memicu kemunculan jerawat di kulit Anda. Mengutip dari Fitnesstale (fitnesstale.com), minyak zaitun tak mudah terserap kulit.

Pemakaian minyak zaitun yang terlalu banyak justru bisa menyumbat pori-pori kulit. Semakin banyak kotoran yang terperangkap dalam pori-pori kulit, semakin tinggi pula risiko kemunculan jerawat dan masalah kulit yang lain.

Baca Juga: 4 Efek samping daun sirih, bisa sebabkan kecanduan, lo

Menurunkan Tekanan Darah

Efek samping minyak zaitun yang lain adalah jenis minyak itu bisa menurunkan tekanan darah secara berlebihan. Saat hal itu terjadi, tentu saja kondisi tubuh Anda terganggu. Tekanan darah yang terlalu rendah bisa mengakibatkan pusing, stroke, hingga gagal ginjal.

Memicu Diare

Mengonsumsi minyak zaitun terlalu banyak bisa mengakibatkan diare, lo. Masalah sistem pencernaan itu terjadi karena tubuh tak mampu menyerap minyak zaitun secara maksimal. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki banyak lemak yang berpengaruh pada kondisi sistem pencernaan Anda.

Baca Juga: Mulai dari sekarang, hindari 8 makanan penyebab daya tahan tubuh menurun

Mengandung Banyak Kalori

Minyak zaitun mengandung banyak kalori yang tak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Fitnesstale mengatakan, 16 ons minyak zaitun mengandung kalori yang sama banyaknya dengan jumlah kalori yang Anda butuhkan selama dua hari.

Menurunkan Gula Darah

Salah satu efek samping minyak zaitun adalah menurunkan jumlah gula darah yang berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Efek samping minyak zaitun berikutnya yang tak boleh Anda abaikan adalah jenis minyak itu bisa menurunkan gula darah di bawah batas normal. Saat hal itu terjadi, tubuh akan terasa lemah dan produksi keringat meningkat hingga Anda mengalami hipoglikemia.

Selanjutnya: Obat tidur dari bahan herbal ini minim efek sampingnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru