Jenis-Jenis Kecerdasan Manusia dari Visual hingga Musikal, Anda yang Mana?

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 13:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jenis-Jenis Kecerdasan Manusia dari Visual hingga Musikal, Anda yang Mana?


KONTAN.CO.ID - Setiap orang memiliki jenis atau tipe kecerdasan yang berbeda. Itulah mengapa ada orang yang unggul di bidang-bidang tertentu namun di sisi lain mereka tidak mahir di bidang lainnya.

Jenis kecerdasan manusia yang beragam ini pertama kali dicetuskan oleh psikolog asal Amerika Serikat, Howard Gardner. Dia mencetuskan konsep kecerdasan manusia ini pada 1983 silam.

Dari konsep tersebut, muncul jenis-jenis kecerdasan manusia yang berjumlah sembilan. Dengan tahu jenis kecerdasan yang dimiliki, Anda bisa menyesuaikan cara belajar.

Apa saja jenis kecerdasan yang dimiliki manusia? Bersumber dari Cleverism dan Edutopia, berikut sembilan jenis kecerdasan manusia: 

Baca Juga: Cara Mudah Perpanjang STNK Online Lewat Aplikasi Signal, Anda Sudah Coba?

  • Kecerdasan logis-matematis 

Orang yang memiliki kecerdasan logis-matematis memungkinkan mereka unggul di bidang yang berhubungan dengan angka dan rumus. 

Mereka senang dengan angka dan sangat mudah menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan hitungan dan angka. 

  • Kecerdasan linguistik

Jika kecerdasan manusia jenis logika unggul di angka, maka kecerdasan linguistik unggul di bahasa. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik lebih mahir mengaplikasikan bahasa.

Mereka biasanya memiliki kemampuan untuk mempersuasi orang lain. Orang dengan kecerdasan linguistik juga gemar membaca dan menulis.

  • Kecerdasan visual-spasial

Kecerdasan manusia selanjutnya adalah visual-spasial. Orang memiliki jenis kecerdasan ini mudah mengimajinasikan sesuatu dalam bentuk visual. 

Mereka juga lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta memiliki daya imajinasi yang tinggi. Biasanya orang dengan kecerdasan-spasial mudah mengingat arah dan gemar menggambar. 

  • Kecerdasan kinestetik

Pernah melihat seseorang yang mudah menangkap gerakan tari dengan cepat? Besar kemungkinan dia memiliki kecerdasan jenis kinestetik. 

Kecerdasan manusia jenis ini memungkinkan pemiliknya menangkap gerakan dengan cepat. Mereka bisa segera meniru gerakan tersebut hanya dengan satu atau dua kali melihat. 

Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya unggul dalam olahraga atau tari yang berhubungan dengan gerak tubuh. 

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru BUMN Virama Karya 2022, Banyak Posisi Dibuka

  • Kecerdasan eksistensial

Kecerdasan manusia yang selanjutnya adalah kecerdasan eksistensial. Orang dengan kecerdasan ini sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup dalam. 

Mereka sering bertanya mengenai kehidupan, kematian, dan yang lainnya. Orang dengan kecerdasan eksistensial sensitif dengan hal-hal tentang eksistensi manusia. 

  • Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan adaptasi dan bekerja sama dengan orang lain. 

Orang dengan kecerdasan interpersonal akan lebih peka dengan orang sekitar. Mereka mampu membaca situasi dan nyaman berada di tengah banyak orang.

  • Kecerdasan musikal

Ada beberapa orang yang mampu menangkap nada dan ritme musik hanya dengan mendengar. Orang-orang tersebut memiliki kecerdasan manusia jenis musikal. 

Mereka yang memiliki kecerdasan ini, biasanya senang dengan musik. Mereka tertarik dengan ritme, nada, hingga bunyi-bunyian. 

Orang dengan kecerdasan musikal biasanya senang bermain alat musik atau bernyanyi. Dia juga mampu menciptakan lagu-lagu dan mengenali nada dengan baik. 

  • Kecerdasan naturalis

Orang dengan kecerdasan naturalis lebih senang bermain bersama alam. Mereka mampu "membaca" lingkungannya terutama alam bebas. 

Kebanyakan orang dengan kecerdasan ini dengan bermain di luar ruangan. Mereka senang dengan kegiatan yang melibatkan alam dan binatang. 

  • Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan manusia yang terakhir adalah kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk memahami diri sendiri. Dia mampu memahami kondisi mental dan emosinya sendiri dan mengendalikannya dengan baik. 

Mereka bisa memotivasi diri sendiri dan tidak mudah menyerah. Orang dengan kecerdasan ini biasanya senang melamun dan visioner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru