Kenali 5 penyebab nyeri dada tengah, jangan lengah

Jumat, 05 Februari 2021 | 18:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kenali 5 penyebab nyeri dada tengah, jangan lengah


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak faktor penyebab nyeri dada tengah yang tidak boleh disepelekan. Mulai dari gangguan pada jantung, paru-paru, atau otot dan tulang di sekitar dada. Biasanya, gangguan pada organ tersebut dibarengi dengan gejala lain.

Rasa nyeri tak hanya berada di dada, tapi juga bisa menjalar ke bagian rahang, lengan, atau punggung. Selain itu, Anda juga bisa mengalami sesak napas, pusing, mual, detak jantung berubah, dan lain sebagainya.

Anda perlu segera menghubungi tenaga kesehatan dan diperiksa dokter supaya mendapat perawatan yang tepat. Selain memerhatikan gejala, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan seperti apa saja yang menyebabkan munculnya rasa nyeri di bagian dada.

Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi di mana otot jantung tak berfungsi secara normal karena aliran darah berkurang atau bahkan terhenti. Mengutip dari Web MD, serangan jantung biasanya ditandai dengan rasa sakit parah, tubuh mengeluarkan keringat, dan sesak napas.

Baca Juga: 5 Faktor pemicu serangan jantung yang jarang disadari

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner atau Coronary Artery Disease (CAD) merupakan gangguan pada aliran darah jantung. Kondisi ini memang tak menimbulkan kerusakan permanen pada jantung, tapi penderitanya berisiko mengalami serangan jantung.

Nyeri dada tengah akibat penyakit jantung koroner bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti lengan, pundak, dan punggu. Biasanya, penyakit jantung koroner dipicu oleh olahraga atau stres dan bisa diatasi dengan istirahat yang berkualitas.

Pleuritis

Web MD menyebutkan bahwa pleuritis atau inflamasi pada lapisan pembungkus paru-paru dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian dada. Umumnya, pleuritis disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Rasa sakit yang muncul akan semakin terasa saat Anda bernapas, bersin, atau batuk.

Baca Juga: Hati-hati dengan 4 gejala asam lambung ini, yuk

Penumonia

Pneumonia bisa jadi salah satu penyebab nyeri dada tengah.

Nyeri dada tengah yang Anda rasakan dapat pula disebabkan oleh penumonia. Pneumonia merupakan radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Jenis penyakit tersebut biasanya juga ditandai dengan demam, batuk, dan lendir yang keluar dari sistem pernapasan.

GERD

Sadarkah Anda bahwa rasa nyeri dada dapat disebabkan oleh GERD? GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana makanan yang berada di lambung kembali ke saluran pencernaan atas. Hal itu terjadi akibat katup antara lambung dan kerongkongan bermasalah.

Kembalinya makanan ke saluran pencernaan atas menimbulkan sensasi terbakar atau heartburn di dada hingga kerongkongan. Mulut Anda pun akan terasa asam saat hal itu terjadi. Biasanya, heartburn dipicu karena obesitas, merokok, atau mengonsumsi makanan pedas.

Selanjutnya: Asam lambung sering kumat? Ini obat herbal untuk asam lambung yang mudah dibuat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru