Mencegah penyakit jantung, cek 5 manfaat kunyit ini

Kamis, 10 Juni 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mencegah penyakit jantung, cek 5 manfaat kunyit ini

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang memilih memanfaatkan bahan alami untuk menjaga kesehatan. Tentu saja itu bukan pilihan buruk karena ada beragam bahan alami yang bisa Anda pilih. Salah satunya kunyit. Manfaat kunyit berasal dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Selain memberikan warna kuning, curcumin dalam kunyit berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan itu tak hanya mampu menjaga daya tahan tubuh juga efektif mencegah infeksi berbagai macam penyakit.

Meski demikian, kunyit cukup sulit terserap dalam aliran darah. Supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi rutin. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Mencegah Penyakit Jantung

Melansir Everyday Health (everdayhealth.com), kunyit mampu melapisi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Nah, fungsi itu berdampak pada tekanan darah yang lebih terkontrol. Saat tekanan darah Anda stabil, risiko penyakit jantung pun dapat Anda hindari.

Baca Juga: Luar biasa, ini 12 manfaat jahe merah untuk kesehatan

Mencegah Diabetes

Manfaat kunyit berikutnya adalah mencegah munculnya penyakit diabetes. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen kunyit selama 16 minggu mampu menurunkan jumlah insulin. Tidak berhenti sampai di situ, kondisi penderita diabetes juga lebih terkontrol karena adanya antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat, kan? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi keinginan itu adalah dengan memanfaatkan kunyit. Everyday Health menyebutkan bahwa ada banyak penyakit yang bisa diatasi dengan kunyit, misalnya psoriasis dan eksim.

Mencegah Kanker

Salah satu manfaat kunyit adalah mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, lo. Antiinflamasi dalam kunyit efektif mengganggu pertumbuhan dan perkembangan kunyit hingga akhirnya benar-benar mematikan sel tersebut. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efek tersebut.

Baca Juga: Ini ragam jenis jamu tradisional Indonesia beserta khasiatnya

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kunyit lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis rempah itu mampu menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, ada banyak penyakit mata yang bisa Anda alami, misalnya glaukoma. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Scientific Report.

Para peneliti memberikan obat tetes mata yang terbuat dari kunyit pada tikus percobaan dua kali sehari selama tiga minggu. Hasilnya, reduksi sel retina tikus percobaan itu lebih sedikit dibandingkan dengan tikus lain yang tidak mendapat obat tetes.

Selanjutnya: 7 Herbal untuk menurunkan asam urat dalam tubuh, apa saja?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru