Mengapa Komet Leonard Mendapat Julukan Sebagai Komet Natal? Yuk Cari Tahu

Jumat, 24 Desember 2021 | 10:28 WIB   Penulis: Arif Budianto
Mengapa Komet Leonard Mendapat Julukan Sebagai Komet Natal? Yuk Cari Tahu

ILUSTRASI. Mengapa Komet Leonard Mendapat Julukan Sebagai Komet Natal? Yuk Cari Tahu


SPACE - Mengapa komet Leonard mendapatkan julukan sebagai komet Natal? Yuk cari tahu tentang komet Leonard dan beberapa fakta menariknya.

Seperti yang kita ketahui, benda langit ada beraneka ragam. Seperti meteor, komet, asteroid, dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang benda langit, komet merupakan salah satu yang menampilkan pemandangan menarik di atas langit. Di penghujung bulan Desember 2021 ini, komet Leonard kembali bersinar menyinari langit malam.

Menariknya lagi, komet Leonard ini dalam posisi terdekatnya dengan Bumi menjelang hari raya Natal. Tidak heran, komet Leonard ini mendapatkan julukan sebagai komet Natal menurut beberapa sumber karena kembali bersinar menjelang hari raya Natal.

Berdasarkan laporan LAPAN dikutip dari laman resminya Edukasi Sains Antariksa, komet Leonard ini berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi mencapai 34.857.000 km pada tanggal 12 Desember. Kemunculannya hampir sepanjang bulan Desember 2021, dalam periode tertentu.

Komet C/2021 A1 (Leonard)

Baca Juga: Fenomena Hujan Meteor Ursid Terjadi Hari Ini (23 Desember 2021), Aktif Tiga Hari Lagi

Kabar baiknya, komet Leonard kembali nampak di pekan terakhir bulan ini, tepatnya pada tanggal 24-31 Desember 2021. Ini juga semakin memantapkan bahwa komet Leonard ini mendapatkan julukan sebagai komet Natal.

Leonard atau yang juga disebut C/2021 A1 merupakan komet berperiode panjang yang ditemukan oleh G.J. Leonard di Observatorium Mount Lemmon pada 3 Januari 2021. Periode komet tersebut mencapai 80.000 tahun dengan kemiringan orbit 132,68 derajat atau bergerak secara retrograd.

Sebagai tambahan informasi, retroragde dalam istilah astrnomi adalah gerakan orbit atau rotasi dari sebuah obyek yang arahnya berlawanan dengan rotasi obyek primernya.

Sepertinya perayaan Natal tahun 2021 ini bakal semakin menarik dengan penampakan komet Leonard yang menghiasi langit malam. Bila Anda tertarik untuk melihat komet Leonard ini, tidak perlu menggunakan alat optik tambahan.

Menurut LAPAN, Andi Pangerang menjelaskan bahwa komet Leonard yang muncul pada 24-31 Desember ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu optik apapun.

Baca Juga: Misteri Kenapa Komet Berwarna Hijau Terpecahkan, Begini Penjelasannya

Tetapi dengan catatan bila cuaca sedang benar-benar cerah dan bebas dari tutupan awan sama sekali.

Nah, apakah Anda sudah bersiap menyaksikan penampakan komet Leonard di hari Natal tahun 2021 ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru