Mengenal ikan koi, jenis dan ciri-cirinya

Kamis, 09 September 2021 | 18:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Mengenal ikan koi, jenis dan ciri-cirinya

KONTAN.CO.ID - Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang disukai oleh masyarakat. Mengenal ikan koi, berikut ini jenis dan ciri-cirinya.

Punya nama latin Cyprinus carpio, ikan koi memiliki kelebihan, seperti bentuknya yang bagus, warna yang cerah, harga yang mahal, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga banyak orang membudidayakannya.

Ikan koi menjadi primadona karena harga yang bervariasi, mulai dari harga ribuan hingga ratusan juta per ekor. Alhasil, semua kalangan bisa menikmati ikan hias ini. 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Indonesia jenis ikan koi yang paling diminati adalah Kohaku, Showa dan Sanke. Ikan koi juga bisa dibudidayakan di alam terbuka, kolam dalam rumah, kolam luar rumah, dan akuarium. 

Pusat budidaya ikan koi di Indonesia di antaranya adalah Blitar, Tulungagung, Bogor, dan Sukabumi. Namun, kini hampir semua daerah di Indonesia mengembangkan jenis ikan hias ini yang bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. 

Baca Juga: Raja Thailand marah dan mematahkan pergelangan kaki saudaranya, ini pemicunya

Jenis ikan koi

Ikan koi

Dirangkum dari laman The Pond Expert, berikut adalah 13 jenis ikan koi: 

1. Kohaku

Ikan koi Kohaku adalah jenis ikan koi yang paling populer di Jepang. Kohaku adalah koi putih (shiro) dengan tanda merah (hi). 

Ikan koi kohaku yang berkualitas bagus memiliki tanda merah pada tubuh utamanya dengan warna putih bersih tanpa ada bercak. Tanda atau warna merah dalam jenis ikan koi kohaku harus menutupi sekitar setengah dari tubuh tetapi dapat menyebar.

2. Taisho Sanke

Jenis ikan koi tashio sanke lebih dikenal sebagai sanke adalah ikan koi tiga warna dengan warna merah, hitam (sumi), dan warna utama putih.

Sanke yang bagus harus memiliki warna utama putih bersih dan tanda merah dan hitam yang seragam. Seharusnya tidak ada warna hitam di kepala. 

Pada bagian tubuh harus memiliki warna merah besar yang tersebar dan warna hitam yang lebih kecil yang juga menyebar di antara warna merah. 

3. Showa Sanshoku

Jenis ikan showa sanshoku biasanya disebut showa. Showa adalah koi tiga warna dengan warna merah, hitam dan putih. 

Showa mirip dengan sanke, namun jenis ikan koi showa memiliki warna hitam yang memanjang. 

Baca Juga: Warna-warni cuan dari budidaya ikan cupang

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru