Mudik Lebaran 2023: Ini Sejarah Singkat Tradisi Mudik saat Lebaran Idul Fitri

Jumat, 21 April 2023 | 07:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mudik Lebaran 2023: Ini Sejarah Singkat Tradisi Mudik saat Lebaran Idul Fitri


MUDIK LEBARAN -  Tradisi Lebaran Idul Fitri tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia, khususnya umat Muslim.

Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan diri untuk melakukan pulang kampung atau mudik. 

Mengutip dari situs Universitas Gadjah Mada (UGM), istilah mudik berasal dari kata udik yang merupakan bahasa Melayu yang berarti hulu atau ujung. 

Sebab, masyarakat Melayu yang tinggal di hulu sungai pada masa lalu sering bepergian ke hilir sungai menggunakan perahu atau biduk. Setelah urusan mereka selesai, maka kembali lagi pulang ke hulu pada sore harinya. 

Baca Juga: Selama Libur Lebaran dan Cuti Bersama, Posko THR Tetap Melayani Aduan

“Berasal dari bahasa Melayu, udik. Konteksnya pergi ke muara dan kemudian pulang kampung. Saat orang mulai merantau karena ada pertumbuhan di kota, kata mudik mulai dikenal dan dipertahankan hingga sekarang saat mereka kembali ke kampungnya,” jelas Antropolog UGM, Heddy Shri Ahimsa-Putra seperti dikutip dari situs UGM.

Mulai dikenal pada masa orde baru

Lebih lanjut Heddy menjelaskan jika istilah mudik mulai dikenal luas pada masa orde baru pada tahun 1970-an. 

Pada masa tersebut, pembangunan pusat pertumbuhan dilakukan di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Badung, dan Medan. 

Pembangunan tersebut kemudian menyebabkan orang melakukan urbanisasi dengan pindah ke kota untuk menetap dan mencari pekerjaan. 

Dia menuturkan, masyarakat yang bekerja dan hidup di kota, lama lepas dari kerabatnya padahal selama di desa bisa dekat dengan kerabat. 

“Kangen pasti. Menunggu libur yang agak panjang agar bisa  kumpul sangat ditunggu. Karena kita di Indonesia masyarakat muslim yang paling banyak maka lebaran Idul Fitri jadi pilihan," ucapnya. 

Tradisi mudik di Indonesia berbeda dengan di Amerika dan Eropa dimana kebanyakan warganya memilih pulang kampung saat perayaan thanksgiving atau perayaan natal. 

Baca Juga: Kapan Lebaran 2023 di Arab Saudi? Negara-Negara Islam Gelar Sidang Isbat Hari Ini

Pada sebagian orang, mudik bukan hanya sebagai ajang untuk kumpul keluarga. Namun, mudik juga menjadi ajang untuk pamer atas keberhasilan mereka di tanah perantauan. 

“Motivasi lain karena ingin menunjukkan ia sudah berhasil secara ekonomi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru