Perlu Anda perhatikan, ini penyebab varikokel dan gejalanya

Senin, 16 November 2020 | 20:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda perhatikan, ini penyebab varikokel dan gejalanya


KONTAN.CO.ID - Varikokel merupakan kondisi mirip varises di kaki, tapi terjadi pada pembungkus testis atau skrotum. Dengan mengetahui penyebab varikokel, Anda bisa mendapat perawatan dan pengobatan yang tepat sehingga kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Penyebab varikokel

Mengutip dari Mayoclinic.org, penyebab varikokel belum bisa ditentukan secara pasti. Namun, banyak pakar yang berpendapat, katup pembuluh darah di skrotum bermasalah sehingga darah tak bisa mengalir dengan baik.

Hasilnya, varikokel pun bisa dialami oleh seseorang. Penyebab varikokel itu mengakibatkan produksi sperma dan kualitas sperma berkurang. Tak hanya itu, testis juga menjadi tak bisa berkembang secara normal.

Varikokel terjadi saat seseorang melewati masa pubertas. Biasanya, varikokel muncul di sebelah kiri karena posisi vena testis kiri. Kemunculan kondisi kesehatan itu tidak meningkat oleh faktor apa pun.

Baca Juga: Simak 6 cara agar sperma tetap sehat

Komplikasi Varikokel

Jika terus dibiarkan dan tidak ditangani secara cepat dan tepat, varikokel bisa menyebabkan masalah. Katup darah yang tak berfungsi secara normal menyebabkan banyak darah berkumpul. Artinya, pembuluh vena mendapat tekanan yang besar dan mudah terkena zat racun.

Selain itu, varikokel juga membuat suhu di sekitar testis terlalu tinggi. Hasilnya, produksi, pergerakan, dan fungsi sperma menjadi terganggu. Hal itu berdampak pada kesuburan pria penderita varikokel.

Gejala varikokel

Mayoclinic.org menyebutkan, varikokel biasanya tak menunjukkan gejala apa pun. Penderita varikokel bisa mengalami sakit, tapi hal itu jarang terjadi.

Ada beberapa gejala yang biasanya dialami oleh penderita varikokel, salah satunya adalah rasa tidak nyaman di sekitar testis.

Baca Juga: Inilah 5 faktor penentu kesuburan lelaki

Rasa tidak nyaman itu semakin terasa saat Anda berdiri terlalu lama atau melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak tenaga. Saat Anda berbaring, rasa sakit itu akan berkurang secara perlahan.

Seiring berjalannya waktu, varikokel akan membesar sehingga Anda dapat mengetahuinya.

Karena tak menimbulkan gejala apa pun, varikokel bisa diketahui saat Anda melakukan tes kesuburan atau melakukan latihan fisik rutin. Meski demikian, saat skrotum Anda terasa sakit dan ukuran testis Anda berbeda dari ukuran normal, segera periksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Pria wajib uji testis mandiri, ini manfaatnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru