Ramai Kampanye All Eyes on Rafah, di Mana Kamp Pengungsian Warga Palestina?

Kamis, 30 Mei 2024 | 11:54 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ramai Kampanye All Eyes on Rafah, di Mana Kamp Pengungsian Warga Palestina?

ILUSTRASI. Ramai Kampanye All Eyes on Rafah,.REUTERS/Mohammed Salem


CARI TAHU - JAKARTA. Ramai kampanye All Eyes on Rafah, di mana lokasi Rafah sebenarnya? Media sosial sedang digemparkan dengan serangan Israel ke wilayah pengungsian rakyat Palestina di wilayah Rafah Jalur Gaza.

Lalu, di mana tepatnya letak Kota Rafah? Rafah adalah sebuah kota di Jalur Gaza, yang berbatasan langsung dengan Mesir di selatan. Kota ini sering digunakan sebagai rute pelarian dan tempat pengungsian bagi warga Gaza selama serangan militer.

Kota Rafah menjadi wilayah yang paling banyak dihuni atas serangan Israel sejak Oktober 2023 lalu.

Dalam dua pekan terakhir, Israel kembali membobardir kamp pengungsian tersebut, sehingga apa alasan Rafah penting sebagai wilayah pengungsian?

Baca Juga: Jaringan Kemanusiaan Terbesar Dunia Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Di mana Rafah berada?

Rafah

Rafah merupakan kota yang berada di selatan Gaza dekat perbatasan Mesir. Ketika Israel menarik diri dari Semenanjung Sinai pada tahun 1982, yang sekarang menjadi bagian dari Mesir, Rafah terbagi menjadi bagian Gaza dan bagian Mesir.

Awalnya, Rafah menjadi tempat perlindungan yang aman bagi orang-orang yang melarikan diri dari Gaza utara pada tahap awal serangan militer Israel terbaru, ketika warga Palestina diperintahkan untuk mengungsi sebelum pemboman besar-besaran oleh Israel.

Tetapi sekarang kota ini menjadi rumah bagi sekitar 1,4 juta orang lebih dari setengah populasi Gaza dan Netanyahu telah memerintahkan invasi darat ke daerah tersebut, di mana percaya bahwa operatif Hamas bersembunyi.

Sebagian besar penduduk Rafah tinggal di bangunan sementara seperti tenda dan organisasi bantuan telah memperingatkan situasi kemanusiaan yang mengerikan.

Alasan Rafah penting sebagai tempat pengungsian

ISRAEL-PALESTINIANS/GAZA

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Rafah penting sebagai wilayah pengungsian.

1. Perlintasan Rafah

Rafah memiliki perlintasan perbatasan yang menghubungkan Gaza dengan Mesir. Ini adalah salah satu dari sedikit jalur keluar dari Gaza, karena sebagian besar perbatasan lainnya dijaga ketat oleh Israel. Perlintasan Rafah sering menjadi satu-satunya jalan keluar bagi warga Gaza yang mencari tempat aman selama serangan militer.

2. Pusat Bantuan Kemanusiaan

Rafah sering menjadi lokasi penyaluran bantuan kemanusiaan. Organisasi internasional dan badan-badan bantuan biasanya menggunakan perlintasan Rafah untuk mengirim pasokan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya ke Gaza.

3. Kamp Pengungsi

Ada beberapa kamp pengungsi di dan sekitar Rafah yang menampung orang-orang yang mengungsi dari bagian lain Gaza. Kamp-kamp ini dikelola oleh berbagai organisasi kemanusiaan yang memberikan bantuan dan perlindungan bagi pengungsi.

4. Keamanan Relatif

Meskipun Rafah kini  rentan terhadap serangan, beberapa bagian dari kota ini mungkin lebih aman dibandingkan dengan area lain di Gaza yang lebih dekat dengan garis depan serangan militer. Oleh karena itu, banyak warga Gaza yang mengungsi ke Rafah mencari tempat yang relatif lebih aman.

Baca Juga: Korban Tewas di Rafah Bertambah, Netanyahu: Kami Tidak Bermaksud Meyerang Sipil

Mengapa Israel menargetkan Rafah sekarang?

Israel telah menggambarkan Rafah sebagai benteng signifikan terakhir Hamas setelah 7 bulan melakukan penyerangan. Melansir dari Independent UK, para pemimpinnya berulang kali mengatakan bahwa invasi diperlukan untuk mengalahkan kelompok militan Islam tersebut.

Letnan Kolonel Nadav Shoshani, juru bicara tentara, mengatakan Israel sedang mempersiapkan "operasi dengan cakupan terbatas" dan tidak mengatakan apakah ini adalah awal dari invasi yang lebih luas ke kota tersebut.

Tetapi setelah 7 Oktober dan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan oleh Hamas, Israel belum secara resmi mengumumkan peluncuran invasi darat yang berlanjut hingga hari ini.

Secara keseluruhan, Rafah merupakan wilayah dengan peran penting sebagai tempat pengungsian dan jalur bantuan bagi warga Gaza yang terkena dampak serangan Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru