Rambut pendek wanita perlu dirawat dengan cara ini, tak boleh sembarangan

Senin, 04 Januari 2021 | 19:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Rambut pendek wanita perlu dirawat dengan cara ini, tak boleh sembarangan

KONTAN.CO.ID - Rambut pendek wanita perlu dirawat sedemikian rupa biar terlihat sehat dan cantik. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai dari merapikan ujungrambut secara rutin, hingga mengatur frekuensi menyisir.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah membatasi penggunaan alat-alat bersuhu tinggi. Pengeriting, pengering rambut, dan alat lain yang panas bisa membuat batang rambut pendek rusak. Hasilnya, penampilan model rambut Anda menjadi tak maksimal.

Alih-alih menggunakan alat penata rambut bersuhu panas, cobalah untuk memakai produk yang bisa membuat rambut pendek wanita mudah diatur. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan kondisi kulit kepala.

Jangan sampai sisa produk yang Anda pakai tertinggal dan menumpuk sehingga membuat kesehatan kulit kepala terganggu. Selain memerhatikan alat penata rambut, ada cara lain yang perlu Anda lakukan supaya model rambut pendek lebih terawat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan ketombe secara alami

Jangan menyisir rambut terlalu sering

Melansir Stylist.co.uk, rambut pendek tak perlu disisir terlalu sering karena tidak mudah kusut.

Anda hanya perlu menyisirnya dengan jari supaya rambut terlihat lebih rapi. Menyisir rambut dengan jari juga membuat rambut terlihat lebih bervolume secara natural.

Potong rambut secara rutin

Rambut pendek wanita tetap perlu dipotong secara rutin. Karena tumbuh sekitar 1–1,5 inci tiap bulan, cobalah untuk memotong rambut tiap tiga hingga enam minggu sekali. Tujuannya, agar model rambut bisa dipertahankan.

Baca Juga: 5 Cara memanjangkan rambut yang bisa dicoba

Cuci rambut setiap hari

Mengutip Stylist.co.uk, rambut pendek perlu dicuci lebih sering dari rambut panjang. Meski tiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda, rambut pendek biasanya lebih mudah berminyak sehingga perlu dicuci secara rutin.

Karena perlu dicuci setiap hari, Anda harus memilih sampo yang mengandung pelembab supaya rambut tak kering dan bisa terhidrasi dengan baik. Jika Anda tak memiliki waktu luang, Anda bisa mengatasinya dengan memakai dry shampoo.

Gunakan air dingin

Meski mandi dengan air panas dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, hal itu tidak baik untuk kondisi rambut karena bisa membuatnya kering dan merusak kutikula rambut. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk memakai air dingin atau air dengan suhu yang lebih rendah.

Selanjutnya: Cara mengatasi rambut bercabang dengan 3 bahan alami terbaik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru