Sebaiknya Anda waspadai, berikut 4 penyebab cegukan

Kamis, 15 Juli 2021 | 18:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sebaiknya Anda waspadai, berikut 4 penyebab cegukan

KONTAN.CO.ID - Meski bisa hilang dengan sendirinya, cegukan tetap membuat Anda tidak nyaman. Apalagi, jika terjadi dalam jangka waktu lama. Salah satu cara untuk menghindarinya dengan mewaspadai faktor apa saja yang jadi penyebab cegukan.

Laman Medical News Today menyebutkan, cegukan yang terus terjadi dan berlangsung lama bisa jadi salah satu tanda masalah kesehatan yang serius. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika durasi cegukan terjadi lebih dari 48 jam.

Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan supaya bisa memberikan diagnosa yang tepat. Meski bisa disebabkan karena suatu penyakit, cegukan juga dapat terjadi karena beberapa hal sepele yang masih bisa Anda hindari.

Faktor emosional

Tahukah Anda bahwa kondisi emosional bisa jadi salah satu penyebab cegukan? Stres atau merasa terlalu gembira bisa jadi salah satu faktor yang memicu cegukan. Ini terjadi karena ada gangguan pada sistem saraf dari otak menuju otot di sekitar tulang rusuk.

Baca Juga: Tips mudah mengatasi cegukan

Kondisi tubuh

Suhu tubuh yang berubah secara tiba-tiba juga bisa menyebabkan cegukan, lo. Misalnya, Anda mandi dengan air dingin di mana suhu air cukup berbeda dengan suhu tubuh Anda.

Melakukan peregangan di daerah leher secara berlebihan juga bisa memicu cegukan. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat menggerakkan tubuh.

Jenis obat tertentu

Menurut Medical News Today, beberapa jenis obat juga bisa jadi penyebab cegukan. Mulai dari obat untuk gangguan kecemasan hingga pereda rasa sakit. Jka Anda terus cegukan setelah mengonsumsi obat itu, tak ada salahnya untuk mengkonsultasikannya dengan dokter.

Baca Juga: 4 Penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui, apa saja?

Makanan dan minuman tertentu

Mengonsumsi minuman beralkohol termasuk salah satu penyebab cegukan.

Cegukan bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Apalagi, jika Anda mengonsumsinya dalam tempo yang relatif cepat. Kegiatan itu bisa membuat diafragma iritasi dan berkontraksi sehingga cegukan pun terjadi.

Beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa memicu cegukan adalah minuman beralkohol, minuman bersoda, dan mengonsumsi makanan panas lalu langsung mengonsumsi minuman dingin. Asam lambung naik atau kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan munculnya cegukan.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan cegukan menggunakan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru