Sederet Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan, Jangan Ragu!

Rabu, 04 Mei 2022 | 12:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Sederet Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan, Jangan Ragu!


KONTAN.CO.ID - Telur bebek sering kali Anda jumpai sebagai bahan dasar beberapa jenis makanan, seperti martabak atau kerak telor. 

Hampir seluruh menu makanan yang kita makan sehari-hari menyelipkan telur sebagai bahan utama. Ada yang menyukai telur ayam, tetapi tak sedikit pula yang lebih memilih telur bebek.  

Ternyata banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat di dalam telur bebek untuk kesehatan tubuh. 

Dirangkum daru Live Strong dan Healthline, berikut ini sederet manfaat telur bebek untuk kesehatan yang wajib Anda tahu, antara lain:  

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat telur bebek untuk kesehatan mata berasal dari kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. 

Kedua antioksidan ini dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula, yang banyak terjadi terutama pada orang lanjut usia.  

2. Menjaga kesehatan kandungan

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang kedua adalah bisa menjaga kesehatan kandungan. Untuk menjaga kesehatan kandungan, sebaiknya konsumsi telur bebek yang matang. 

Manfaat tersebut didapatkan dari selenium, yang menunjang metabolisme hormon dan memperbaiki DNA yang rusak. 

3. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang ketiga adalah menjaga fungsi otak. Kolin yang terkandung dalam kuning telur bebek sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan sistem saraf. 

Nutrisi ini dapat melindungi Anda dari gangguan memori atau gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer, di masa tua nanti. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini secara Rutin agar Terhindar dari Osteoporosis

4. Terhindar dari penyakit kronis

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang keempat adalah terhindar dari penyakit kronis. Warna oranye pada kuning telur bebek berasal dari pigmen alami yang disebut karoten. 

Karoten merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. 

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Telur bebek mengandung lutein yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Kedua kandungan baik tersebut juga dapat membantu meratakan warna kulit, jika rutin dikonsumsi. 

Inilah sederet manfaat telur bebek untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Selain nikmat juga memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru