Semakin waspada, sakit mata termasuk salah satu gejala virus corona

Rabu, 20 Januari 2021 | 18:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Semakin waspada, sakit mata termasuk salah satu gejala virus corona

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala Covid-19 yang umum dialami oleh banyak orang, mulai dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hingga sesak napas. Namun, tahukah Anda bahwa sakit mata termasuk dalam salah satu gejala terinfeksi virus corona?

Melansir dari Eatthis.com, 18% pasien Covid-19 mengalami photophobia atai sensitif terhadap cahaya. Sedangkan 6% lainnya mengalami sakit mata dan 17% pasien mengalami mata gatal. Data tersebut dipublikasikan dalam BMJ Open Ophthalmology.

Sakit mata yang dimaksud sebagai gejala Covid-19 adalah saat mata terasa sakit, tidak nyaman, dan sensitif terhadap cahaya. Mata kering, munculnya benjolan di kelopak mata, dan keluarnya lendir dari mata bukanlah sakit mata yang merujuk pada gejala virus corona.

Tidak hanya berguna sebagai diagnosis, hasil penelitian itu juga penting sebagai pencegahan Covid-19. Masyarakat diimbau untuk menggunakan masker dan pelindung mata untuk menurunkan risiko transmisi virus corona.

Baca Juga: Ini 6 gejala dan tanda Covid-19 mulai mempengaruhi kesehatan jantung

Baca Juga: 2 Cara meningkatkan efektivitas vaksin virus corona

Virus corona bisa menyerang tubuh melalui selaput lendir, seperti hidung, mulut, dan mata. Maka dari itu, cobalah untuk meningkatkan perlindungan diri dengan memakai eye shield atau pelindung mata lainnya.

Selain itu, usahakan untuk menerapkan protokol kesehatan lainnya secara disiplin. Hindari berkerumun dengan orang banyak. Jika Anda terpaksa melakukannya, selalu jaga jarak dengan orang lain. Jangan lupa untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Tak hanya itu, membersihkan permukaan benda menggunakan disinfektan pun perlu Anda lakukan. Apalagi, benda-benda yang sering Anda sentuh, seperti gagang pintu, peralatan makan, dan meja.

Sebaiknya, jangan pergi ke tempat-tempat dengan risiko penularan virus corona yang tinggi. Misalnya, kafe, restoran, bar, atau hotel. Sebisa mungkin lakukan kegiatan dalam rumah dan jaga sistem imun tubuh dengan rajin olahraga dan konsumsi makanan bergizi.

Selanjutnya: ​9 Syarat penerima vaksin untuk vaksinasi Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru