Sering terjadi, waspadai gejala virus corona varian delta ini

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 11:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Sering terjadi, waspadai gejala virus corona varian delta ini


KONTAN.CO.ID - Virus corona varian Delta tak bisa Anda abaikan begitu saja. Ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Awalnya, ciri-ciri terinfeksi virus corona adalah batuk, sesak napas, dan fungsi penciuman yang mengalami penurunan.

Mengutip dari Eatthis.com, beberapa gejala itu tak lagi banyak dialami. Ada kondisi lain yang bisa jadi tanda Covid-19 akibat varian Delta.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kings College London, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, dan demam adalah beberapa gejala Covid-19 yang sering dialami oleh banyak orang saat ini.

Penelitian itu melibatkan mereka yang belum divaksin, sudah divaksin, dan baru mendapat satu dosis vaksin.

Melansir Eatthis.com, dari ketiga kelompok yang terlibat dalam penelitian, sakit kepala dialami oleh hampir semua pasien Covid-19.

Sedangkan pilek menempati posisi kedua sebagai gejala Covid-19 yang banyak dialami oleh penerima vaksin, baik dosis pertama ataupun kedua.

Baca Juga: 8 Hal terbaru tentang varian Delta, wajib tahu!

Baca Juga: Catat 10 gejala utama Covid-19 varian Delta pada anak

Ciri-ciri terinfeksi virus corona varian Delta berikutnya yang dialami oleh penerima vaksin adalah bersin. Jika setelah vaksin frekuensi bersin Anda meningkat, jangan ragu untuk melakukan tes Covid-19, ya.

Terlebih, jika Anda baru saja melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 atau baru saja mengunjungi tempat umum dengan penularan tinggi.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus menunda jadwal vaksinasi, ya. Vaksin bisa memberikan perlindungan ekstra pada tubuh Anda.

Selain mengurangi intensitas gejala yang Anda alami, vaksin juga dapat menurunkan risiko kematian dan perawatan di rumahsakit.

Tidak hanya divaksin, gejala Covid-19 dapat Anda hindari dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Hindari tempat umum dengan risiko penularan tinggi, jaga jarak dengan orang lain, pakai masker sesuai dengan aturan yang berlaku, dan selalu jaga kebersihan tanga, baik memakai sabun dan air maupun hand sanitizer.

Selanjutnya: 5 Manfaat minum air hangat selama pandemi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru