Siapa Siddharta Gautama yang Dikenal Sebagai Buddha?

Kamis, 23 Mei 2024 | 12:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Siapa Siddharta Gautama yang Dikenal Sebagai Buddha?

ILUSTRASI. Siapa Siddharta Gautama yang Dikenal Sebagai Buddha. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.


PERAYAAN WAISAK - Hari Raya Waisak 2024 jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Waisak adalah hari untuk memperingati lahirnya Siddhartha Gautama atau juga dikenal sebagai sang Buddha.

Buddha adalah gelar, yang berarti yang tercerahkan atau yang terbangun. 

Perayaan Hari Raya Waisak ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia dan diiringi dengan cuti bersama pada Jumat, 24 Mei 2024. 

Lantas, seperti apa biografi Siddharta Gautama?

Baca Juga: 45 Ucapan Selamat Hari Raya Waisak 2024 Penuh Doa dan Makna untuk Umat Buddha

Biografi Siddharta Gautama

Siddaharta Gautama adalah seorang pangeran yang lahir dalam keluarga kaya di tempat yang sekarang disebut Nepal pada abad ke-5 SM.

Dirangkum dari laman BBC, Siddhartha Gautama menyadari bahwa kekayaan dan kemewahan tidak menjamin kebahagiaan. Kemudian, Siddhartha Gautama melakukan perjalanan sebagai orang suci tunawisma untuk belajar lebih banyak tentang dunia dan melihat penderitaan di dunia.

Setelah enam tahun belajar dan bermeditasi dalam perjalanannya, ia menjadi sadar secara spiritual dan mencapai tujuannya untuk menemukan makna dalam hidup.

Siddhartha Gautama mendapatkan pencerahan di bawah pohon Bodhi yang berada di Bodh Gaya dan pohon tersebut saat ini menjadi tempat bersejarah bagi agama Buddha di India.

Ia kemudian menjadi Buddha dan selama sisa hidupnya Siddharta Gautama mengajar para pengikutnya tentang pengalamannya. 

Baca Juga: Ide Ucapan Selamat Hari Raya Waisak 2024 yang Antimainstream, Bagikan di Medsos

Sejarah perayaan Waisak 

Sejarah perayaan Waisak dimulai pada 1950, ketika Sri Lanka mengadakan sebuah konferensi pertama tentang Persekutuan Buddhis Sedunia atau disebut pula sebagai World Fellowship of Buddhists

Dirangkum dari laman Unvesak Australia, dalam konferensi tersebut memutuskan perayaan Waisak sebagai hari lahir Buddha di beberapa negara sekaligus.

Kemudian, Raja Nepal telah merayakan peringatan hari kelahiran Buddha di negara dan mendorong negara lain mengikutinya.

Baca Juga: Kumpulan Kartu Ucapan Hari Raya Waisak 2024 Desain Menarik, Yuk Kirimkan!

Anggota World Fellowship pun akhirnya mendesak para kepala negara untuk menjadi hari lahir Buddha sebagai hari libur nasional untuk menghormati sang Buddha atau Siddhartha Gautama. 

Selanjutnya, hingga saat ini perayaan Waisak adalah untuk memperingati hari lahir sang Buddha. Ajaran Sang Buddha, pesan welas asih, kedamaian, dan niat baiknya telah menggerakkan jutaan orang. 

Jutaan orang di seluruh dunia mengikuti ajaran Buddha dan pada Hari Waisak memperingati kelahiran, pencapaian pencerahan, dan wafatnya Buddha.

Demikian penjelasan mengenai Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha dalam ajaran Buddha. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru