Syarat Wajib Daftar LPDP Tahap 2, Ini Pengertian LoA Unconditional

Senin, 04 Juli 2022 | 15:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Syarat Wajib Daftar LPDP Tahap 2, Ini Pengertian LoA Unconditional

ILUSTRASI. Syarat Wajib Daftar LPDP Tahap 2, Ini Pengertian LoA Unconditional. .


EDUKASI -  LoA Unconditiona adalah salah satu dokumen wajib untuk mendaftar berbagai beasiswa termasuk beasiswa LPDP Tahap 2 yang dibuka hari ini, 4 Juli 2022.

Apa itu LoA Unconditional? Secara umum Letter of Acceptance atau LoA adalah surat yang menyatakan bahwa seseorang telah resmi diterima studi di universitas. 

Bersumber dari Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dokumen ini bisa Anda dapatkan jika sudah mendaftar ke universitas yang dituju. 

Terdapat dua jenis LoA yang dikeluarkan oleh universitas yaitu Conditional dan Unconditional. LoA Unconditional menyatakan seseorang telah sepenuhnya diterima. 

Baca Juga: Daftar Gelombang 35 Prakerja di dashboard.prakerja.go.id, Cek Syarat dan Caranya

Jika mendapatkan dokumen ini artinya calon mahasiswa sudah diterima ke universitas tujuan tanpa syarat yang tertinggal dan hanya tinggal melakukan registrasi ulang saja. 

Sedangka LoA Conditional diberikan jika calon mahasiswa diterima namun masih harus melengkapi beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.

Perbedaan LoA Unconditional dengan Conditional

LoA Unconditional yang dikeluarkan oleh universitas dalam negeri dengan universitas luar negeri memiliki sedikit perbedaan. 

Pada contoh LoA Unconditional universitas luar negeri, seperti yang dibagikan LPDP, di dalamnya terdapat informasi berupa:

  • Program studi tujuan
  • Amal perkuliahan atau intake
  • Lama studi yang akan ditempuh
  • Informasi tentang tahap selanjutnya untuk dapat memulai perkuliahan

Isi LoA Unconditional universitas dalam negeri lebih singkat dibandingkan dengan universitas luar negeri, yakni: 

  • Program studi tujuan
  • Awal perkuliahan atau intake
  • Informasi tentang tahap selanjutnya untuk dapat memulai perkuliahan

Baca Juga: Sejarah Hari Raya Idul Adha, Kisah saat Allah Menguji Ketakwaan Nabi Ibrahim

Meskipun demikian, kegunaan dokumen ini tetap sama yaitu menyatakan calon mahasiswa sudah diterima sepenuhnya di universitas yang bersangkutan. 

Isi dari LoA Unconditional juga bisa berbeda tergantung dengan institusi universitas yang mengeluarkannya, namun inti dari dokumen tersebut tetap sama.

Lalu apa bedanya dengan LoA Conditional? Seperti yang dijelaskan di atas, dokumen ini diberikan jika calon mahasiswa masih harus melengkapi beberapa persyaratan.

Persyaratan sertsebut bisa berupa skor kemampuan bahasa yang belum sesuai persyaratan atau belum mengumpulkan tema penelitian. 

Selain itu calon mahasiswa bisa saja belum memenuhi persyaratan dokumen seperti ijazah atau transkrip nilai dan belum mengumpulkan pernyataan sponsorship dan lain-lain. 

Nah, itulah informasi tentang LoA Unconditional yang umum digunakan sebagai persyaratan mendaftar beasiswa termasuk beasiswa dari LPDP. 

Anda bisa mempersiapkan segala dokumen persyaratan untuk mendaftar beasiswa LPDP Tahap 2 yang dibuka hari ini tanggal 4 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru