Tanda Anda yang Memiliki Kecerdasan Tinggi, Bukan Sekadar Nilai IQ Saja

Selasa, 03 Mei 2022 | 16:45 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tanda Anda yang Memiliki Kecerdasan Tinggi, Bukan Sekadar Nilai IQ Saja

ILUSTRASI. Tanda Anda yang Memiliki Kecerdasan Tinggi, Bukan Sekadar Nilai IQ Saja.


KONTAN.CO.ID - Tanda seseorang memiliki tingkat kecerdasan tinggi tidak hanya dilihat dari nilai IQ (intelligence quotient) yang tinggi saja.

Bersumber dari Healthline, nilai IQ yang tinggi tidak bisa dijadikan acuan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. 

Sebab, tes ini tidak menunjukkan kemampuan seseorang secara keseluruhan. Tes IQ hanya mengukur beberapa kemampuan spesifik seperti logika, ingatan, dan pemecahan masalah. 

Selain itu, tes IQ juga tidak menunjukkan kemampuan khusus seperti kreativitas dan keterampilan emosional. Berikut 5 tanda kecerdasan seseorang selain dari skor IQ, dirangkum dari Healthline dan Bustle:

Baca Juga: Universitas Pertamina Buka Kembali Seleksi Masuk Tanpa Tes 2022, Ini Syaratnya

Sikap empati

Tanda kecerdasan seseorang yang pertama dilihat dari sikap empati. Sikap ini merupakan kemampuan seseorang untuk memahami suatu hal dari sudut padang orang lain. 

Empati adalah komponen penting dalam kecerdasan emosional. Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan untuk memahami emosi dan mengungkapkannya dengan cara yang sehat. 

Pada umumnya orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi memiliki kepekaan terhadap apa yang orang lain pikirkan dan rasakan. 

Lebih suka menyendiri

Menurut suatu studi di tahun 2016, orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi biasanya kurang menyukai menghabiskan waktu untuk bersosialisasi dengan teman. 

Rata-rata orang yang cerdas menghabiskan waktu mereka untuk berpikir tentang masalah, ide baru, dan merenungkan sesuatu. 

Hal ini membuat waktu mereka untuk bersosialisasi menjadi lebih sedikit sehingga terlihat pendiam. Orang-orang cerdas lebih fokus untuk mengejar keinginan dan minat diri dan memiliki sedikit teman. 

Namun hal ini bukan berarti orang cerdas tidak suka bersosialisasi. Mereka cenderung menghargai waktu untuk diri mereka sendiri dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang benar-benar dekat dengan mereka. 

Rasa ingin tahu yang besar

Salah satu tanda Anda memiliki kecerdasan yang tinggi adalah rasa ingin tahu yang besar. 

Penjelasan sederhana tidak membuat Anda puas sehingga sering kali Anda mencari lebih dalam jawaban dari suatu pertanyaan. 

Orang-orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi biasanya gemar membaca buku, belajar hal-hal baru seperti bahasa hingga kebudayaan. 

Baca Juga: Waspada! Hepatitis Misterius Akut Sebabkan 3 Anak Meninggal, Ini Gejalanya

Mengamati dan mengingat

Kemampuan untuk mengamati dan mengingat sesuatu berhubungan dengan tingkat kecerdasan seseorang. 

Mampu mengamati suatu bentuk atau pola serta mengingatnya menunjukkan bahwa Anda unggul dalam kecerdasan spasial visual. 

Jika mudah mengingat suatu informasi secara lisan atau tulisan, artinya Anda memiliki kecerdasan verbal-linguistik. 

Mampu menghadapi tantangan 

Tidak semua orang bisa mudah menghadapi dan beradaptasi situasi yang serba mendadak. Karenanya, salah satu ciri orang yang mempunyai kecerdasan tinggi adalah kemampuan menghadapi tantangan bahkan di situasi yang mendadak. 

Kemampuan beradaptasi membantu Anda untuk bertahan di situasi yang sulit sekalipun. Orang-orang yang cerdas mampu untuk kembali bangkit meskipun usaha mereka tidak berjalan sesuai keinginannya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru