Tidak banyak yang tahu, inilah 4 manfaat buah naga

Jumat, 06 Agustus 2021 | 08:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak banyak yang tahu, inilah 4 manfaat buah naga


KESEHATAN - JAKARTA. Apakah Anda suka mengonsumsi buah naga? Ternyata, ada banyak manfaat buah naga yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Untuk mendapatkan manfaatnya, tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara rutin.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam buah naga. Dalam 100 g buah naga, Anda bisa mendapat 60 kalori, 1.18 g protein, 12.94 g karbohidrat, 2.9 g serat, dan masih banyak lagi nutrisi yang lain.

Supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapatkan secara maksimal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Dengan begitu, efek samping yang tak diinginkan bisa Anda hindari.

Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, jumlah gula darah dalam tubuh sulit terkontrol. Itulah mengapa rutin mengonsumsi buah naga bisa dijadikan pilihan. Menurut sebuah penelitian, kandungan dalam buah naga mampu meningkatkan produksi sel pankreas yang memproduksi insulin.

Baca Juga: Cek beberapa Jenis makanan yang cocok untuk diet sehat

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah naga adalah menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah naga berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Bukan tanpa alasan, buah naga mengandung banyak lemak sehat yang berdampak baik untuk kondisi jantung. Jenis lemak sehat yang dimaksud adalah asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-9.

Kaya Antioksidan

Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam buah naga, yaitu betacyanin dan betaxanthin. Tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk melawan serangan radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh.

Nah, antioksidan yang terdapat dalam buah naga mampu melaksanakan tugas tersebut. Dengan begitu, risiko infeksi beberapa jenis penyakit dapat Anda hindari. Selain itu, antioksidan juga berperan sebagai antiinflamasi sehingga peradangan dalam tubuh, seperti artritis, dapat Anda cegah.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah naga lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah kemampuannya untuk menjaga sistem pencernaan. Menurut sebuah penelitian, kandungan yang terdapat dalam buah naga efektif menjaga kesehatan bakteri baik dalam usus.

Buah naga mengandung salah satu jenis karbohidrat yang bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri di usus. Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah infeksi pada usus, bakteri baik tersebut juga bisa menjaga sistem imun tubuh Anda.

Selanjutnya: 4 Sayur berikut efektif menurunkan gula darah, yuk coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru