Tips Sukses Membangun Branding di Media Sosial

Sabtu, 20 Mei 2023 | 18:25 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Tips Sukses Membangun Branding di Media Sosial

ILUSTRASI.


TIPS DAN CARA -  JAKARTA. Menjadi seorang influencer kini menjadi impian banyak masyarakat. Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan fleksibilitas, kapan saja dan dari mana saja, bahkan hanya dari rumah. 

Meskipun demikian, penghasilan para influencer tidak bisa dianggap remeh, karena umumnya mereka bekerja sama dengan beberapa merek untuk membantu dalam kegiatan pemasaran.

Salah satu contoh adalah Rizkyana Kainan, seorang ibu rumah tangga yang memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pramugari pada tahun 2019 karena kehamilan. Saat ini, ia fokus menjadi seorang influencer dengan jumlah pengikut lebih dari 400.000.

Baca Juga: Ingin Mulai Berinvestasi? Coba Tips Investasi Buat Pemula dari Pakar UM Surabaya Ini

Kariernya sebagai seorang influencer dimulai pada tahun 2018 melalui platform YouTube, tetapi karena alasan kehamilan, ia belum dapat melanjutkannya sepenuhnya. Setelah mengundurkan diri, ia lebih fokus dalam menggunakan media sosial, terutama Instagram, untuk menginspirasi banyak orang dengan berbagi gaya hidup dan fashion bersama keluarganya yang kecil.

Menurut Rizkyana, menjadi seorang influencer tidaklah mudah. Karena memiliki pengaruh besar di media sosial terhadap pengikutnya, ia merasa memiliki tanggung jawab untuk selalu menyebarkan pesan positif. Dalam memilih nama "Key" agar mudah diingat, Rizkyana juga tidak lupa bahwa seorang influencer harus memiliki karakter yang kuat dan selalu kreatif.

"Sebagai seorang influencer, kita tidak boleh meniru orang lain, kita harus menjadi diri sendiri dan memiliki karakter sebagai seorang influencer, karena seorang influencer memberikan saran yang positif kepada banyak orang dan menjadi panutan," ujarnya.

Baca Juga: Omnichannel Kecantikan Terdepan Sociolla Hadirkan Sociolla Beauty Wonderland

"Oleh karena itu, kita harus membangun personal branding, merancang konsep konten dengan matang dan terstruktur, selalu menjaga kebersihan dan perencanaan konten, terus meningkatkan kemampuan diri, dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan para pengikut," tambah Rizkyana pemilik akun IG @key.rzky.

Rizkyana memberikan pesan kepada para influencer baru agar tidak terlalu memilih-milih saat bekerja sama dengan merek, karena influencer dan merek memiliki tujuan yang sama, yaitu saling membantu dan mendapatkan paparan publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru