Tradisi Unik Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara dari Band hingga Neli Bunga

Minggu, 18 Desember 2022 | 06:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tradisi Unik Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara dari Band hingga Neli Bunga


KONTAN.CO.ID - Selain di Indonesia, negara-negara lain juga merayakan Hari Ibu dengan tradisi yang unik.

Tanggal perayaan hari istimewa untuk para ibu di setiap negara bisa berbeda. Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember.

Bersumber dari situs lpmpriau.kemdikbud.go.id, sejarah perayaan Hari Ibu di Indonesia tidak lepas dari Kongres Perempuan Indonesia yang pertama. 

Kongres yang diselenggarakan di Yogyakarta tersebut dihadiri oleh para pejuang perempuan dari Jawa dan Sumatera. 

Baca Juga: Tidak Ikut Trial Test Bisa Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN? Ini Penjelasannya

Ada sebanyak 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang hadir dalam Kongres Perempuan (dikenal juga sebagai Kongres Wanita Indonesia atau Kowani) yang berlangsung pada tanggal 22-15 Desember 1928.

Penetapan Hari Ibu baru dilakukan pada Kongres Perempuan 3 pada tahun 1938. Penetapan ini kemudian diresmikan dengan Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. 

Dekrit Presiden ini menetapkan bahwa tanggal 22 Desember merupakan Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga sekarang.  

Perayaan untuk menghormati jasa perempuan dan Ibu dirayakan tidak hanya di Indonesia, banyak negara di dunia juga merayakan Hari Ibu. 

Sebagian besar merayakannya pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Namun, sebagian negara memperingati Hari Ibu sesuai dengan ulang tahun tokoh terkenal di negara tersebut.  

Simak tradisi unik serta kisah dibalik perayaan Hari Ibu di 5 negara berikut ini yang dihimpun dari Time dan Mental Floss.

Amerika Serikat

Berbeda dengan Indonesia, Hari ibu di Negeri Paman Sam dirayakan pada hari minggu kedua di bulan Mei. 

Saat hari Ibu, masyarakat Amerika Serikat akan memberikan bunga pada ibu mereka. Biasanya anak-anak akan membelikan bunga kesukaan ibunda mereka dengan tambahan kartu ucapan.

Jika kebetulan kalian sedang di Amerika saat perayaan ini, banyak toko bunga yang kebanjiran pesanan. 

Memberi buket bunga kesukaan Ibu bisa jadi ide hadiah hari Ibu yang praktis namun tetap berkesan. Tambahkan kartu ucapan terimakasih agar Ibu Anda semakin senang.

Baca Juga: TKD dan AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2022: Ini Materi & Contoh Perilaku AKHLAK

Jepang

Hari Ibu di Jepang awalnya dirayakan pada ulang tahun Permaisuri Koujun. Permaisuri Koujun sendiri telah menjabat hampir sepanjang abad ke-20. 

Namun, hari Ibu kemudian dipindah ke hari Minggu kedua di bulan Mei seperti perayaan di Amerika Serikat.

Masyarakat Jepang akan membelikan berbagai hadiah yang disukai ibu mereka. Sama seperti Amerika, bunga menjadi hadiah yang paling banyak diberikan di hari Ibu. 

Selain bunga, Anda bisa membelikan berbagai pernak-pernik yang dibutuhkan oleh perempuan terutama Ibu.

Thailand

Perayaan Hari Ibu di Thailand dirayakan pada tanggal 12 Agustus. Tanggal ini bertepatan dengan ulang tahun Ratu Thailand, Ratu Sirikit. 

Hari Ibu di Negeri Gajah Putih ini merupakan hari libur nasional. Masyarakat negara ini merayakannya dengan menyalakan lilin dan kembang api. 

Anak-anak di Thailand akan bersedekah pada biksu dan memberikan bunga melati pada Ibu mereka. Menurut tradisi di Thailand, bunga melati merupakan lambang dari cinta ibu.

Meksiko

Masyarakat Meksiko merayakan Hari Ibu dengan perayaan yang meriah. Pada tanggal 10 Mei, Hari Ibu di Meksiko, banyak keluarga yang mengundang band ke rumah mereka. 

Ibu bisa meminta dinyanyikan lagu kesukaan mereka dan makan makanan yang disukai. Selain nyanyian dan makanan, bunga jadi hadiah wajib yang diberikan pada perayaan Hari Ibu di Meksiko. 

Baca Juga: Hibah, Wasiat, dan Waris dalam Islam: Simak Pengertian dan Perbedaan Ketiganya

Mesir dan beberapa negara di Timur Tengah

Perayaan Hari Ibu di Mesir pertama kali diadakan pada tahun 1956. Hari Ibu di negara ini jatuh pada tanggal 21 Maret di hari pertama musim semi. 

Selain Mesir, negara di Timur Tengah seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab juga merayakan Hari Ibu di tanggal tersebut. Pada hari itu, masyarakat akan melakukan perayaan dan memberikan beragam hadiah pada ibu mereka. 

Pada perayaan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 esok hari, selain membelikan kado, ide hadiah lain yang bisa Anda berikan untuk ibunda tercinta adalah memasak masakan kesukaan ibu. 

Anda juga bisa menjadikan hari tersebut sebagai "hari libur" untuk Ibu dengan mengambil alih pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci, dan pekerjaan lain dari dari ibunda Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru