Urutan 12 Zodiak yang Benar dan Lambangnya

Rabu, 03 Mei 2023 | 11:12 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Urutan 12 Zodiak yang Benar dan Lambangnya

ILUSTRASI. Zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan.


ZODIAK - Zodiak adalah lingkaran khayal di langit yang berpusat di ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda perbintangan, yaitu Aries, Taurus, Gemini, Kanser, Leo, Virgo, Libra, Skorpio, Sagitarius, Kaprikornus, Akuarius, dan Pises. Arti zodiak tersebut berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

Sementara, garis ekliptika adalah yaitu jalur edar Bumi mengelilingi Matahari alias garis semu Matahari mengelilingi Bumi.

Baca Juga: Simak Ide Dekorasi Rumah Berdasarkan Zodiak Capricorn, Aquarius & Pisces

Dirangkum dari Britannica, kata “Zodiak” diambil dari bahasa Yunani “Zodiakos kyklos” yang berarti lingkaran hewan. Dalam sejarah Yunani, kata ini muncul pertama kali dalam sebuah manuskrip di abad pertengahan dulu.

Meski demikian, rasi bintang dalam zodiak pertama kali ditemukan oleh astronom Babilonia sekitar abad ke-5 Sebelum Masehi (SM). Pada waktu itu, astronom Babilonia menyadari bahwa ada tiga belas rasi bintang yang terus bergantian sepanjang tahun.

Mereka kemudian membuang satu rasi bintang agar bisa sesuai dengan kalender Babilonia yang terdiri dari 12 bulan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Warna Cat yang Bikin Rumah Terasa Mewah dan Mahal

Zodiak karakter seseorang

Zodiak

Zodiak membentuk sabuk di langit dan terbentang sekitar 8 derajat di sebalah utara atau selatan jalur pergerakan Matahari di langit.

Dalam astrologi, gerak benda-benda langit, khususnya Matahari, Bulan, planet dan rasi bintang itu diamati untuk menilai karakter dan nasib seseorang hingga meramal masa depan. 

Baca Juga: Ini Dekorasi Rumah yang Tepat untuk Zodiak Aries, Taurus, dan Gemini

Perubahan posisi benda-benda langit itu diamati menggunakan bagan yang disebut horoskop.

Dari kacamata logika ilmiah yang berkembang saat ini, menentukan nasib seseorang dengan mengamati perubahan gerak benda langit tentu dianggap tidak logis atau tidak masuk akal. 

Karena itu, astrologi dianggap pseudosains alias sains semu. Sementara ilmu yang mempelajari gerak langit yang termasuk sains adalah astronomi.

Baca Juga: Ini Dekorasi Rumah yang Tepat untuk Zodiak Aries, Taurus, dan Gemini

Urutan lambang dan arti zodiak

Sementara itu, dirangkum dari laman Britannica dan Gramedia, berikut adalah urutan zodiak, lambang zodiak, dan artinya: 

1. Aries 

Aries

Dalam astrologi, urutan zodiak yang pertama adalah Aries. Bulan dan tanggal lahir Aries ditandai pada 21 Maret hingga 19 April. 

Aries merupakan zodiak dengan simbol domba jantan yang berbulu emas dan bisa terbang. Makhluk ini dikenal sebagai Chrysomallus. 

Baca Juga: Hari Keberuntungan Setiap Zodiak di Tahun 2023, Zodiak Anda Kapan?

Konon katanya, Chrysomallus dikirimkan oleh peri awan Nephele untuk menyelamatkan dua anak kesayangannya, yaitu Helle dan Phrixus. Saat itu, keduanya akan dijadikan kurban bagi pada Dewa.

Dalam misi penyelamatan dua anak Nephele, salah satu diantaranya terjatuh dan akhirnya meninggal. Chrysomallus yang merasa bersalah lantas terbang kembali ke hadapan para Dewa untuk menggantikan keduanya. 

Berkat jasanya, dia kemudian diberikan satu tempat di antara para bintang oleh Dewa Zeus.

Baca Juga: Begini Karakter Orang dengan Shio Kelinci, Kenali yuk

2. Taurus 

Taurus

Urutan zodiak kedua dalam astrologi adalah Taurus. Taurus ditandai mulai 20 April hingga 20 Mei. Lambang zodiak Taurus adalah banteng jantan yang hebat, kuat, dan suka mengubah dirinya sendiri.

Menurut mitologi Yunani, banteng jantan tersebut adalah Dewa Zeus yang memang senang mengubah dirinya menjadi makhluk lain.

Baca Juga: Selain Kelinci Air, Ini Daftar 12 Shio dalam Kalender China dan Artinya

Suatu hari ada seorang putri yang berasal dari Timur Tengah bernama Europa. Zeus merasa tertarik pada Europa lalu mengubah dirinya menjadi banteng putih yang menawan demi memikat hati sang putri. Dan benar saja, Europa kemudian menaiki banteng putih tersebut.

Mereka berdua lantas pergi ke satu wilayah di Yunani Kuno. Di wilayah ini, Zeus mengubah lagi penampilannya menjadi elang dan memperkosa Europa.

Berkat tindakan perselingkuhannya ini, Zeus kemudian meletakkan lambang banteng di antara bintang Taurus.

Baca Juga: ​Shio Imlek 2023 adalah Kelinci Air dan Maknanya

3. Gemini 

Gemini

Urutan zodiak yang ketiga adalah Gemini. Gemini dimulai pada 21 Mei hingga 21 Juni. 

Lambang zodiak Gemini adalah dua anak kembar yang menjadi simbol Gemini sebenarnya adalah Pollux dan Castor. Mereka adalah kakak beradik kembar dalam mitologi Yunani. 

Uniknya, Pollux dan Castor memiliki ayah yang berbeda. Pollux merupakan anak dari Zeus, sedangkan Castor adalah anaknya Tyndarius. Nah, karena Pollux memiliki darah dewa, maka dia menjadi makhluk yang abadi.

Baca Juga: Sambut Imlek, OYO Berikan Harga Spesial Long Weekend

Hubungan kakak beradik ini begitu erat sehingga tidak ada yang memisahkannya. Sampai kemudian ketika terjadi perang, Castor meninggal dunia. 

Pollux yang merasa putus asa akhirnya memohon kepada Zeus untuk membuatnya menjadi normal agar dia bisa meninggal seperti saudara kembarnya.

Akan tetapi, Zeus menolak permintaan tersebut dan sebagai gantinya dia membuat Pollux serta Castor abadi sebagai konstelasi bintang Gemini.

Baca Juga: Begini Karakter Orang dengan Shio Kelinci, Kenali yuk

4. Cancer 

Cancer

Urutan zodiak yang keempat adalah Cancer. Cancer dimulai pada 22 Juni hingga 22 Juli. Lambang zodiak Cancer adalah kepiting raksasa. 

Kisah mengenai zodiak Cancer diambil dari cerita Hercules yang konon diberi tugas membunuh Hydra–makhluk mitologi berbentuk ular yang mempunyai ratusan kepala. 

Baca Juga: Apa itu Spotify Zodiac Affinity? Begini Cara Membuat dan Bagikan Playlist

Istri Zeus yang menjadi salah satu musuh Hercules, Hera, lantas memberikan perintah kepada seekor kepiting raksasa untuk bertarung bersama Hydra dan melawan Hercules.

Dalam pertarungan dua lawan satu tersebut, si kepiting raksasa sempat membuat Hercules kesakitan menggunakan capitnya, walaupun pada akhirnya kepiting tersebut tetap dihancurkan oleh Hercules.

Merasa bangga pada perjuangan sang kepiting, Hera lantas memberikan menjadikannya sebagai konstelasi bintang Cancer.

Baca Juga: Daftar Lengkap 12 Shio dalam Kalender China dan Artinya

5. Leo 

Leo

Urutan zodiak yang kelima adalah Leo. Leo dimulai pada 23 Juli hingga 22 Agustus. Lambang zodiak Leo adalah singa atau disebut Regulus yang dalam bahasa Latin artinya raja kecil atau singa alfa.  

Sama seperti cancer, singa yang menjadi simbol Leo juga diambil dari cerita Hercules, yaitu Singa Nemea. Singa ini memiliki bulu emas serta kulit yang luar biasa kuat sehingga tidak bisa ditembus oleh semua jenis senjata.

Baca Juga: Anugerah Kagum (AKKU) Tengah Jajaki Investor Baru untuk Ekspansi Bisnisnya di 2023

Hercules ditugaskan untuk membunuh sang singa dan dia berhasil melakukannya. Konon Hercules membunuh singa Nemea dengan cara melemparkan potongan kayu ke tenggorokannya dan membuatnya tersedak.

Setelah itu, Hercules menggunakan cakar singa untuk merobek kulitnya yang super kuat tersebut. Sementara bulu-bulu singa Nemea, dia jadikan sebagai pakaian pelindung di perang berikutnya.

Berkat pertarungan yang hebat antara singa Nemean dan Hercules, Zeus kemudian menjadikan singa tersebut sebagai konstelasi Leo.

Baca Juga: ​Shio Imlek 2023 adalah Kelinci Air dan Maknanya

6. Virgo 

Virgo

Urutan zodiak yang keenam adalah Virgo. Virgo dimulai pada 23 Agustus hingga 22 September. Lambang zodiak Virgo adalah perawan. 

Asal usul Virgo diambil dari cerita Pandora, wanita ciptaan Dewa Hephaestus. Suatu hari, Pandora membuka sebuah kotak terlarang yang membuat semua kejahatan turun ke bumi, termasuk diantaranya kematian.

Baca Juga: Begini lo Karakter Capricorn di Urusan Pekerjaan, Pekerja Keras & Cinta Uang

Para Dewa yang sedang berada di bumi saat itu kemudian kembali ke surga agar bisa menghindari semua kejahatan tersebut. Dari sekian banyak Dewa, Dewi Astrea menjadi yang paling terakhir sampai ke surga.

Zeus lalu memberikan tempat di rasi bintang untuk Astrea sebagai peringatan atas lenyapnya kepolosan, kemurnian, dan kesucian dari bumi.

Baca Juga: Tahun 2023 Adalah Tahun Shio Kelinci Air, Apa Saja yang Bawa Hoki dan Bikin Sial?

7. Libra

Libra

Urutan zodiak yang ketujuh adalah Libra. Libra ditandai mulai 23 September hingga 23 Oktober. 

Lambang zodiak Libra yang berarti keadilan dan kebenaran diambil dari kisah mengenai Themis sang Dewi Keadilan. 

Dewi Themis sendiri merupakan ibu Dewi Astraea dan mereka berdua memiliki letak yang berdampingan di rasi bintang. Mereka saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Jadi bisa dibilang, lambang Libra adalah pengingat bahwa keadilan dan kebenaran merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.

Baca Juga: ​Shio Imlek 2023 adalah Kelinci Air, Ini Daftar 12 Shio di Kalender China

8. Scorpio

Scorpio

Urutan zodiak yang kedelapan adalah Scorpio. Scorpio ditandai mulai 24 Oktober hingga 21 November. 

Lambang zodiak Scorpio “Kalajengking” terinspirasi dari cerita kesombongan Orion. Orion merupakan pria paling tampan yang pernah ada. 

Baca Juga: Sambut Imlek, OYO Berikan Harga Spesial Long Weekend

Berkat parasnya tersebut, dia lalu mengatakan dengan lantang bahwa dirinya bisa mengalahkan semua makhluk yang ada di bumi.

Namun, Gaia sang Dewi Bumi tidak menyukai kesombongan Orion dan mengirimkan seekor kalajengking untuk bertarung dengannya. 

Di pertarungan itu, Orion mati setelah tersengat oleh racun si kalajengking. Atas kemenangannya, Gaia lalu menempatkan kalajengking di rasi bintang Scorpio.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Membersihkan Brushes Make Up Moms!

9. Sagitarius

Sagitarius

Urutan zodiak kesembilan adalah Sagitarius. Sagitarius dimulai pada 22 November hingga 21 Desember. 

Lambang zodiak Sagitarius diambil dari makhluk mitologi bernama Chiron yang memiliki bentuk setengah kuda setengah manusia. 

Suatu ketika, ketika sedang bertarung, Hercules menghindari pana beracun yang ditembakan oleh lawannya. Panah tersebut kemudian mengenai kaki Chiron.

Baca Juga: Warna Lipstik Berdasarkan Zodiak, Gemini Bisa Pilih Warna Ini

Sebagai anak dari Dewa Poseidon, Chiron sendiri tidak mati karena racun dari panah tersebut. Namun dia masih merasakan sakit yang luar biasa. 

Setelah pertarungan Hercules selesai, Chiron dan Hercules lalu melanjutkan perjalanannya. Dalam perjalanan tersebut, mereka berdua bertemu dengan Prometheus yang sedang terkurung. 

Chiron kemudian menggantikan posisi Prometheus, sehingga sang pencipta umat manusia itu bisa terbebas dari kurungannya. Setelah itu, Zeus kemudian menempatkan Chiron di rasi bintang Sagitarius.

Baca Juga: Cap Go Meh 2023 di Bogor Digelar Lagi, Ini Jadwal dan Lokasinya

10. Capricorn

Capricorn

Urutan zodiak yang kesepuluh adalah Capricorn. Capricorn dimulai pada 22 Desember hingga 19 Januari. 

Lambang Capricorn adalah kambing jantan berjanggut yang memiliki ekor. Kisah mengenai Capricorn diambil dari seorang Dewa bernama Pan. 

Pada suatu hari, Pan melompat ke air untuk menghindar dari monster bernama Phyton. Saat melompat, dia mengubah diri menjadi hewan setengah kambing setengah ikan. 

Baca Juga: Blak-blakan dan Bisa Diandalkan, Begini Karakter Capricorn dalam Pertemanan

11. Aquarius

Aquarius

Urutan zodiak yang kesebelas adalah Aquarius. Aquarius dimulai pada 20 Januaei hingga 18 Februari. Lambang zodiak Aquarius pembawa air. 

Lambang zodiak Aquarius terinspirasi dari cerita mengenai Ganymedes, seorang pangeran yang terkenal akan ketampanannya. 

Baca Juga: Pasangan Capricorn Punya Karakter Berkomitmen, Dominan dalam Hubungan Seks

Suatu ketika, Zeus mengubah dirinya sendiri menjadi elang untuk membawa Ganymedes ke Olympus secara paksa. Zeus ingin agar Ganymedes bekerja sebagai juru minum pribadinya di Olympos.

Pekerjaan tersebut sebenarnya merupakan jabatan yang cukup tinggi, tetapi lama kelamaan Ganymedes merasa muak. Kemudian dia menuangkan semua air, anggur, dan ambrosia hingga membuat hujan turun tanpa henti di bumi dan menimbulkan air bah.

Melihat kekacauan tersebut, Zeus kemudian menyadari bahwa dia telah melakukan kejahatan kepada Ganymedes. Pada akhirnya, dia memberikan tempat di rasi bintang bagi Ganymedes sebagai konstelasi Aquarius.

Baca Juga: Selain Kelinci Air, Ini Daftar 12 Shio dalam Kalender China dan Artinya

12. Pisces

Pisces

Urutan zodiak kedua belas adalah Pisces. Pisces dimulai pada 19 Februari hingga 20 Maret. 

Lambang zodiak Pisces adalah dua ikan yang sedang berenang berlawanan arah pada Pisces bermula dari kisah Typhon–sebuah monster paling mengerikan yang pernah ada. Konon, Typhon menentang semua dewa Olympus untuk berperang.

Para Dewa menerima tantangan itu dan menyamarkan diri mereka untuk bisa melancarkan serangan kepada Typhon.

Baca Juga: Jenis-jenis Blush On dan Tips Menggunakannya Berdasarkan Bentuk Wajah

Ketika penyerangan dilakukan, Aphrodite dan Eros mengubah bentuk menjadi ikan dan menyelam ke lautan yang dalam.

Setelah Typhon dikalahkan, semua dewa lalu mengubah kembali bentuknya. Aphrodite dan Eros mengucapkan terima kasih kepada ikan yang sudah meminjamkan bentuknya dengan memberikan tempat di rasi bintang sebagai zodiak Pisces.

Demikian urutan zodiak dan lambang zodiak serta artinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru