Waspada, 5 efek samping daun kelor ini bisa Anda alami

Rabu, 12 Mei 2021 | 09:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, 5 efek samping daun kelor ini bisa Anda alami


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak manfaat daun kelor yang bisa Anda dapat. Namun, tahukah Anda bahwa efek samping daun kelor juga bisa Anda alami? Satu hal penting yang perlu Anda perhatikan supaya terhindar dari bahaya daun kelor adalah dosis atau jumlah daun kelor yang Anda konsumsi.

Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi daun kelor. Baik mengonsumsinya secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Selain memerhatikan dosis dan berkonsultasi dengan dokter, hindari mengonsumsi bagian tumbuhan yang lain. Med India (medindia.net) mengatakan bahwa akar tumbuhan kelor mengandung racun yang dapat menyebabkan kematian. Selain itu, masih banyak efek samping yang perlu Anda perhatikan.

Mengandung Efek Pencahar

Salah satu kandungan daun kelor adalah pencahar alami. Artinya, jangan mengonsumsi daun kelor dalam jumlah yang terlalu banyak. Jika Anda melakukan hal itu, risiko sakit perut, heartburn atau muncul sensasi terbakar, dan diare semakin meningkat.

Tidak hanya dikonsumsi secara berlebihan, daun kelor juga bisa menyebabkan heartburn saat Anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memasak daun kelor hingga matang terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Efek samping pil KB dan risiko kesehatan ini perlu Anda tahu

Bau Menyengat

Daun kelor adalah salah satu bahan alami yang memiliki bau menyengat. Bagi Anda yang belum terbiasa, bau menyengat yang keluar dari daun keluar dapat memicu refleks faringeal. Akibatnya, Anda bisa merasa mual dan tubuh menjadi terasa kurang nyaman.

Keguguran

Seperti yang telah dikatakan, jangan mengonsumsi bagian tumbuhan kelor selain daunnya. Med India menyebutkan bahwa mengonsumsi akar atau bunga kelor dapat memicu kontraksi rahim. Jika kontraksi terjadi secara berlebihan, bukan tidak mungkin Anda mengalami keguguran.

Baca Juga: Hati-hati, efek samping paracetamol ini bisa Anda alami

Tidak Baik untuk Bayi

Efek samping daun kelor juga perlu diwaspadai oleh ibu menyusui. Senyawa yang terkandung dalam bahan alami itu bisa saja berpengaruh pada kesehatan bayi. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi daun kelor selama Anda masih menyusui.

Mengganggu Kondisi Darah

Salah satu efek samping daun kelor adalah mengganggu kondisi darah dalam tubuh.

Efek samping daun kelor juga berpengaruh pada kondisi darah, lo. Menurut beberapa penelitian, daun kelor dapat meningkatkan risiko gusi berdarah, penurunan jumlah trombosit, dan bekurangnya jumlah sel darah putih. Akibatnya kondisi tubuh Anda secara keseluruhan bisa terganggu.

Selanjutnya: Darah rendah ekstrem bisa mengancam jiwa, kenali gejalanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru